Analisis mudharabah dan kompilasi hukum ekonomi syariah terhadap bagi hasil antara pemilik modal dan pengelola di Lembaga Simulasi Gontor Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alifia, Zahra (2022) Analisis mudharabah dan kompilasi hukum ekonomi syariah terhadap bagi hasil antara pemilik modal dan pengelola di Lembaga Simulasi Gontor Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zahra Alifia_C02217057 ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa s}ighat akad dilakukan atas dasar kepercayaan yang diungkapkan secara lisan, pemilik modal memberikan dana sebesar Rp. 30.000.000,- kepada pengelola, dan nisbah bagi hasil ditetapkan sebesar 20% setiap tahunnya bersamaan dengan modal yang ditarik kembali. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, kegiatan kerja sama bagi hasil ini apabila ditinjau berdasarkan hukum akad mudarabah dan kompilasi hukum ekonomi syariah dapat disimpulkan bahwa akad kerja sama bagi hasil ini dalam kategori fasad (rusak) karena s}ighat akad yang tidak terpenuhi dalam pelaksanaan bagi hasil, dan pertanggung jawaban kerugian yang dilimpahkan kepada pengelola. Sehingga keuntungan yang diberikan kepada pengelola menjadi stagnan dan merugikan pengelola. Akhir dari penelitian ini penulis memberikan saran yakni kepada kedua pihak agar lebih bijaksana saat hendak melakukan akad kerja sama, dengan melakukan kerja sama hitam diatas putih atau perjanjian tertulis, melakukan perbaikan akad agar lebih baik dan adil supaya tidak menyebabkan satu pihak mengalami kerugian.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alifia, Zahrazahraolif7813@gmail.comC02217057
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSanuri, Sanurisuns_76@yahoo.com2021017603
Subjects: Bimbingan Belajar
Hukum Ekonomi
Hukum Islam > Mudharabah
Keywords: Bagi hasil; mudharabah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Zahra Alifia
Date Deposited: 10 Oct 2022 07:41
Last Modified: 10 Oct 2022 07:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54400

Actions (login required)

View Item View Item