Peran Guru PAI dalam mencegah pergaulan bebas pada peserta didik di SMPN 2 Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kolifah, Uswatul (2022) Peran Guru PAI dalam mencegah pergaulan bebas pada peserta didik di SMPN 2 Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Uswatul Kolifah_D01218051 ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan mengenai pergaulan bebas sangat marak pada era remaja saat ini, dengan canggihnya teknologi sekarang membuat mudahnya pergaulan bebas semakin banyak, guru PAI didorong untuk lebih memperhatikan dan memberikan masukan serta nasehat mengenai pergaulan bebas kepada peserta didik. Nasehat serta penjelasan mengenai bahaya pergaulan bebas setiap waktu diberikan oleh guru PAI yang ada di SMPN 2 Waru Sidoarjo, dimana sekolah ini mempertebal akhlak sesuai dengan aturan yang dibuat dan pemberlakukan 5S yaitu senyum, salam, sapa, sopan, dan santun. Rumusan masalah penelitian ini, meliputi 1) Bagaimana peran guru PAI dalam mencegah pergaulan bebas di SMPN 2 WARU. 2) Bagaimana pemahaman peserta didik di SMPN 2 WARU mengenai bentuk-bentuk pergaulan bebas 3) Apa Kendala Atau Pendukung guru PAI dalam mencegah pergaulan bebas di SMPN 2 Waru. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif dengan Teknik sampling purposive dan Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) peran guru PAI dalam mencegah pergaulan bebas di SMPN 2 Waru dapat dikatakan baik karena selama ini disekolah tidak pernah ada kasus pergaulan bebas dan guru PAI dan membimbing peserta didik sangat ketat dengan adanya nasehat serta masukan setiap hari didalam kelas. 2) bentuk pergaulan bebas yang di mengerti oleh peserta didik di SMPN 2 Waru dapat dikatakan sesuai dengan keadaan yang pernah terjadi dikalangan remaja, dengam pemahaman yang dimiliki pesera didik diharapkan dapat menjauhi pergaulan bebas agar sekolah SMPN 2 Waru kedepannya tidak ada kasus pergaulan bebas 3) pendukung dan hambatan guru PAI dalam menangani masalah pergaulan bebas ada pada bimbingan atau awal dari orang tua dirumah, guru hanya bisa mengawasi melalu bentuk kegiatan yang ada disekolah saja untuk kegiatan diluar sekolah guru tidak dapat mengawasi secara detail maka dari itu peran dari orang tua sangat penting untuk menunjang peran guru dalam memberi arahan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kolifah, Uswatuluswatulkholifah288@gmail.comD01218051
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZaini, Ahmadzainiazami@yahool.com2012057001
Thesis advisorSutikno, Sutiknonuhsutik@yahoo.com2006086803
Subjects: Bimbingan Konseling
Keywords: Guru PAI; pergaulan bebas; peserta didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Uswatul Kolifah
Date Deposited: 28 Sep 2022 02:37
Last Modified: 28 Sep 2022 02:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54403

Actions (login required)

View Item View Item