Implementasi higher precision method untuk perhitungan waktu salat dalam buku Practical Astronomy With Your Calculator or Spreadsheet

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Devi, Oktaria Puspita (2022) Implementasi higher precision method untuk perhitungan waktu salat dalam buku Practical Astronomy With Your Calculator or Spreadsheet. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Oktaria Puspita Devi_C76218017 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul, “Implementasi Higher Precision Method untuk Perhitungan Waktu Salat Dalam Buku Practical Astronomy With Your Calculator or Spreadsheet”, menjawab dua pertanyaan dalam rumusan masalah yaitu Bagaimana implementasi Higher Precision Method dalam buku Practical Astronomy With Your Calculator or Spreadsheet untuk menghitung waktu salat? dan Bagaimana tingkat akurasi Higher Precision Method untuk perhitungan waktu salat dalam buku Practical Astronomy With Your Calculator or Spreadsheet dibandingkan dengan Ephemeris Kemenag dan Accurate Times? Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi pustaka (Bibliography Research) dan perbandingan. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah buku Practical Astronomy With Your Calculator or Spreadsheet karya Peter Duffet Smith dan Jonathan Zwart serta Buku Ilmu Falak Dasar-dasar Hisab Praktis karya Akh. Mukarram. Sedangkan sumber data sekunder dalam penelitian ini adalah PDF Ephemeris Kementerian Agama Republik Indonesia tahun 2022 dan Software Accurate Times. Adapun data primer dalam penelitian ini adalah perhitungan data Matahari dalam buku Practical Astronomy With Your Calculator or Spreadsheet karya Peter Duffet Smith dan Jonathan Zwart serta Buku Ilmu Falak Dasar-dasar Hisab Praktis karya Akh. Mukarram. Sedangkan data sekunder yang penulis gunakan adalah data perhitungan awal waktu salat pada PDF Ephemeris Kementerian Agama Republik Indonesia tahun 2022 dan Software Accurate Times karya Muhammad Odeh. Metode pengumpulan data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi. Metode analisis data yang penulis gunakan adalah deskriptif komparatif. Hasil penelitian ini menunjukkan jawaban dari dua rumusan masalah yakni pertama, buku Practical Astronomy With Your Calculator or Spreadsheet dapat digunakan untuk mendapatkan data-data dalam melakukan perhitungan waktu salat seperti data Deklinasi,Asensiorekta Matahari, Equation of Time dan lain sebagainya. Kedua, tingkat akurasi Higher Precision Method untuk perhitungan waktu salat dalam buku Practical Astronomy With Your Calculator or Spreadsheet cukup tinggi. Pada Ephemeris Kementerian Agama Republik Indonesia memiliki selisih terkecil yaitu satu menit dan selisih terbesar yaitu dua menit. Sedangkan pada software Accurate Times memiliki selisih terkecil satu menit dan selisih terbesar yaitu 13 menit. Adanya penelitian ini diharapkan agar dapat menambah khazanah pengetahuan pembaca serta guna sebagai dasar penelitian berikutnya. Saran penulis yaitu penelitian ini dapat dikembangkan menggunakan Microsoft Office Excel dan Bahasa pemrograman lainnya. Selain itu dapat dibandingkan akurasinya dengan metode-metode kontemporer maupun kitab-kitab klasik ilmu falak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Devi, Oktaria Puspitaoktaria7716@gmail.comC76218017
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRosyadi, Moh. Imronelauva_indonesia@uinsby.ac.id2015047702
Subjects: Astronomi
Salat > Salat, Waktu
Keywords: Waktu salat; practical astronomy with your calculator or spreadsheet
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Falak
Depositing User: Oktaria Puspita Devi
Date Deposited: 10 Oct 2022 08:14
Last Modified: 10 Oct 2022 08:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54421

Actions (login required)

View Item View Item