Analisis hukum Islam terhadap praktik kerjasama produksi benih tomat di Desa Claket Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nadhiroh, Khanifatun (2022) Analisis hukum Islam terhadap praktik kerjasama produksi benih tomat di Desa Claket Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khanifatun Nadhiroh_C92218142.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan terkait bagaimana praktik kerjasama produksi benih tomat di Desa Claket Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto dan analisis hukum Islam terhadap praktik kerjasama produksi benih Tomat di Desa Claket Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto. Data penelitian ini dikumpulkan mengguanakan metode pengumpulan data melalui teknik wawancara dan dokumentasi. Penilitian ini dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif dengan menggunakan pola pikir deduktif yaitu data yang diperoleh tentang praktik kerjasama produksi benih tomat di desa Claket kecamatan Pacet kabupaten Mojokerto kemudian dianalisis menurut hukum Islam yang selanjutnya diambil kesimpulan.Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa, kerjasama Produksi Benih Tomat di Desa Claket Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto merupakan kerjasama yang dilakukan oleh CV Merdeka Seed Terus Berkarya dengan petani tomat yang mana kedua belah pihak sama-sama berkontribusi modal dan kerja. Keuntungan yang diperoleh petani dalam kerjasama berdasarkan harga kontrak yang telah ditetapkan perusahaan, sedangkan perusahaan mendapatkan keuntungan berdasarkan hasil memasarkan benih tersebut. Akan tetapi kerugian selama masa produksi hanya ditanggung pihak petani saja. Menurut pandangan hukum Islam kerjasama produksi benih tomat di Desa Claket Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto belum sepenuhnya memenuhi rukun dan syarat shirkah ‘inān karena keuntungan yang diperoleh tidak dibagi berdasarkan pada proporsi modal masing-masing pihak melainkan diperoleh dari sistem jual beli hasil panen benih dan kerugian hanya ditanggung salah satu pihak saja. Namun dalam hal ini kedua belah pihak sama-sama sepakat, saling rela dan tidak ada unsur paksaan. Sejalan dengan kesimpulan diatas, maka penulis memberikan saran hendaknya dengan pembagian yang jelas dalam artian keuntungan disebutkan dengan penjumlahan yang berlaku seperti sepertiga, seperempat, maupun setengah sehingga kedua belah pihak dapat mengetahui berapa keuntungan yang diperoleh. Kemudian untuk pembagian kerugian hendaknya adil antara kedua belah pihak

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nadhiroh, Khanifatunkhanifatunnadhiroh@gmail.comC92218142
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSulthon, M.sulthonproling@gmail.com2015057203
Subjects: Hukum Islam
Hukum Islam > Musyarakah
Keywords: Kerjasama; shirkah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Khanifatun Nadhiroh
Date Deposited: 16 Sep 2022 07:40
Last Modified: 16 Sep 2022 07:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54433

Actions (login required)

View Item View Item