Penerapan SOP Sekolah dalam meningkatkan kemampuan melafalkan Asmaul Husna di TK Muslimat NU 32 Waru

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nadhilah, Nursindi (2022) Penerapan SOP Sekolah dalam meningkatkan kemampuan melafalkan Asmaul Husna di TK Muslimat NU 32 Waru. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nursindi Nadhilah_D09218017 OK.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan pembiasaan melafalkan Asmaul Husna sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) sebelum pemebelajaran dimulai. Penerapan pembiasaan melafalkan ini sangat menarik, karena anak usia dini sudah dibiasakan untuk melafalkan Asmaul Husna. Dengan jumlah Asmaul Husna yang sangat banyak, hal tersebut tidak mudah bagi anak usia dini mampu menghafalkan secara cepat. Maka di TK Muslimat NU 32 Waru melaksanakan pembiasaan melafalkan Asmaul Husna agar anak dapat terbiasa untuk melafalkan Asmaul Husna di dalam kehidupan sehari-harinya dan anak tidak hanya mengenal Asmaul Husna, melainkan anak mampu menghafal Asmaul Husna. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui penerapan kegiatan SOP sekolah dalam meningkatkan kemampuan melafalkan Asmaul Husna di TK Muslimat NU 32 Waru dan (2) Mengetahui hasil evaluasi anak dalam penerapan SOP sekolah di TK Muslimat NU 32 Waru.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul proses selanjutnya adalah proses analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan penerapan SOP sekolah dalam meningkatkan kemampuan melafalkan Asmaul Husna. Perencanaan yang dilakukan oleh guru sebelum memulai melafalkan Asmaul Husna yakni guru menyiapkan anak terlebih dahulu, berdo’a terlebih dahulu dan melafalkan Asmaul Husna dengan menggunakan media lagu. Penerapan melafalkan Asmaul Husna di lakukan sesuai dengan SOP dilaksanakan setiap hari sebelum memulai pembelajaran. Adapun hasil evaluasi dalam penerapan SOP sekolah yakni hasil evaluasi yang dilakuan guru mengamati secara langsung bagaimana anak menjalankan suatu kegiatan dengan baik dan benar. Jika ada anak yang tidak dapat melakukan kegiatan itu, guru akan membantunya. Guru mengamati kegiatan anak yang sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP). Hasil penilaian anak akan diberikan kepada orang tua atau wali murid. Hasil penilaian akan dimasukkan ke dalam rapot dan akan diberikan pada saat akhir semester.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nadhilah, Nursindisindyimut6@gmail.comD09218017
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyafi'i, Imamimamsyafii_amangku@yahoo.com2020117003
Thesis advisorDwijo, Al Qudus Nofiandri Eko Sucipto----
Subjects: Asmaul Husna
Doa dan Zikir
Pendidikan > Hafalan
Keywords: SOP Sekolah; Melafalkan; Asmaul Husna
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Nursindi Nadhilah
Date Deposited: 28 Oct 2023 16:58
Last Modified: 28 Oct 2023 16:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54444

Actions (login required)

View Item View Item