Pengaruh pola asuh otoriter terhadap tanggung jawab belajar siswa Kelas IV MI Mambaul Maarif Denanyar Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholihah, Umi Hanifatus (2022) Pengaruh pola asuh otoriter terhadap tanggung jawab belajar siswa Kelas IV MI Mambaul Maarif Denanyar Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Umi Hanifatus Sholihah_D77218060 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya tanggung jawab belajar siswa kelas IV MI Mambaul Ma’arif Denanyar Jombang, berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan peneliti dengan wali kelas IV, menyatakan bahwa ada beberapa faktor penyebab kurangnya tanggung jawab belajar pada anak adalah dari pola asuh yang diterapkan oleh orang tua, orang tua yang kurang tegas dengan jam anak menjadikan anak tersebut kurang memiliki rasa tanggung jawab pada dirinya sendiri. Sedangkan pola asuh yang kaitannya dengan disiplin, tegas adalah pola asuh otoriter.Tujuan dari adanya penelitian ini adalah untuk mengatahui ada atau tidaknya pengaruh antara pola asuh otoriter dengan tanggung jawab belajar siswa. Yang hal tersebut perlu diketahui dan diterapkan oleh orang tua agar pola pengasuhan yang dilakukan di dalam rumah dapat sesuai dan menjadikan pribadi anak yang baik.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan metode ex post facto yaitu mencari pengaruh dari variabel independen terhadap variabel depednen, analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana dan menggunakan 4 uji prasyarat analisis. Sebelum melakukan penelitian, kuesioner juga sudah divalidasi isi dan statistik, validasi statsitik menggunakan rumus person product moment dan menggunakan reliabilitas alha cronbach untuk menentukan suatu angket yang reliabel atau tidak.Hasil dari penelitisn ini s, adanya adalah antara pola asuh otoriter dengan tanggung jawab belajar siswa, hal tersebut terbukti dengan pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis regresi linier sederhana yang hasilnya didapat Asmyp.Sig sebesar 0,001 yang artinya lebih kecil dari nilai probabilitas 0,05 dan mendapatkan nilai R Square sebesar 0,314, ketika dipresentasekan menjadi 32,4%, maka Ho ditolak dan Ha diterima.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholihah, Umi Hanifatusumihanifatuss@gmail.comD77218060
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusthofa, Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Thesis advisorMasud, Sulthonsulthon.masud@uinsby.ac.id2073091001
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Orang tua dan Anak
Keywords: Orang tua; pola asuh otoriter; tanggung jawab belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Umi Hanifatus Sholihah
Date Deposited: 10 Oct 2022 07:57
Last Modified: 10 Oct 2022 07:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54450

Actions (login required)

View Item View Item