Perbandingan pemikiran politik Islam Muhammad Natsir dengan Habib Muhammad Rizieq Shihab

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wasil, Moch. (2022) Perbandingan pemikiran politik Islam Muhammad Natsir dengan Habib Muhammad Rizieq Shihab. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moch. Wasil_A72218057 ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Perbandingan Pemikiran Politik Islam Muhammad Natsir dengan Habib Muhammad Rizieq Shihab” mempunyai tiga fokus penelitian yakni: (1) biografi Muhammad Natsir dan Habib Muhammad Rizieq Shihab. (2) dakwah Islam Muhammad Natsir dan Habib Muhammad Rizieq Shihab serta eksistensi organisasi yang didirikan keduanya. (3) Pemikiran Muhammad Natsir dan Habib Muhammad Rizieq Shihab mengenai Islam sebagai dasar negara dan perbandingan pemikiran keduanya. Penelitian ini merupakan library research dengan metode penelitian yang digunakan ialah metode sejarah yang menerapkan empat tahap yakni heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi. Adapun sifat dari penelitian ini rermasuk deskriptif kuakitatif dengan metode pengumpulan data dan berbagai informasi. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan sejarah dan pendekatan intelektual. Pendekatan sejarah digunakan untuk mengungkap sejarah Islam di Indonesia, sedangkan pendekatan intelektual digunakan untuk mengetahui lebih dalam seluk beluk mengenai pemikiran Muhammad Natsir dan Habib Muhammad Rizieq Shihab mengenai Islam sebagai dasar negara. Teori yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teori eksistensialisme teistik, teori yang berfokus kepada pemikiran Muhammad Natsir dan Habib Muhammad Rizieq Shihab mengenai Islam untuk dijadikan ideologi negara. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat diketahui bahwa: (1) riwayat hidup muhammad Natsir dan Habib Muhammad Rizieq Shihab mengenai lingkungan sosial dan politik serta karir-karir keduanya. (2) penerapan dakwah Islam yang dibawa oleh Muhammad Natsir dan penerapan dakwah Islam yang dibawa oleh Habib Muhammad Rizieq Shihab mempunyai persamaan dan perbedaan, baik dari segi organisasi yang didirikan maupun implementasi metode dakwah keduanya. (3) pemikiran politik Islam yang dibawa Muhammad Natsir dan Habib Muhammad Rizieq Shihab mengenai Islam sebagai ideologi dasar negara Republik Indonesia serta perbandingan dari pemikiran kedunya mengenai penerapan Islam di Indonesia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wasil, Moch.muhammadwashil2@gmail.comA72218057
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSukarma, Sukarmafahmy_abdoeh@yahoo.co.id2028106301
Thesis advisorSusanto, Dwidwi.uinsa@gmail.com2021127702
Subjects: Agama > Biografi Tokoh
Ideologi Islam
Pemikiran
Keywords: Pemikiran; Muhammad Natsir; Habib Muhammad Rizieq Shihab
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Moch Wasil
Date Deposited: 10 Oct 2022 07:49
Last Modified: 10 Oct 2022 07:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54452

Actions (login required)

View Item View Item