Tinjauan akad istisna terhadap praktik pesanan konveksi tangan warga lokal di Desa Kauman Kabupaten Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rosida, Hanifa (2022) Tinjauan akad istisna terhadap praktik pesanan konveksi tangan warga lokal di Desa Kauman Kabupaten Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hanifa Rosida_C92218135 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini yang berjudul “Tinjauan Akad istisnā’ Terhadap Praktik Pesanan Konveksi Tanganwargalokal di Desa Kauman Kabupaten Jombang” menjawab pertanyaan dari rumusan masalah yang terdiri dari: 1) Bagaimana praktik wanprestasi pada pesanan konveksi Tanganwargalokal di Desa Kauman Kabupaten Jombang?; dan 2) Bagaimana analisis akad Istisnā’ terhadap pesanan konveksi Tanganwargalokal di Desa Kauman Kabupaten Jombang? Jenis penelitian yang digunakan dalam menyusun skripsi ini ialah Field Research (studi lapangan) dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya data tersebut dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan pola pikir deduktif, yakni memaparkan terlebih dahulu landasan teori tentang akad Istis}nā’ untuk menganalisis fakta yang tejadi tentang praktik pesanan konveksiTanganwargalokal di Desa Kauman Kabupaten Jombang. Pada penelitian ini menyimpulkan bahwa secara rukun dan syarat akad Istisnā’ sudah terpenuhi, akan tetapi dalam pelaksanaannya terdapat keterlambatan pesanan yang dikategorikan masuk pada wanprestasi dalam bentuk melakukan prestasi akan tetapi tidak tepat pada waktunya atau terlambat yang merugikan salah satu pihak yakni pihak pemesan. Sedangkan pembatalan sepihak yang dilakukan oleh pihak konveksi ialah perbuatan yang menyebabkan batalnya akad yang menimbulkan kerugian pada salah satu pihak yakni pihak pemesan yang juga tidak sesuai dengan Q.S An-Nahl: 91 yakni tidak memenuhi janji-janji dan pembatalan ini tidak dibenarkan karena tidak jelas alasannya. Berdasarkan penelitian di atas, maka peneliti memberikan saran kepada pihak konveksi untuk melakukan kewajibannya sesuai dengan akad perjanjian yang telah disepakati bersama di awal dan untuk kedua belah pihak untuk mencari solusi terhadap permasalahan yang terjadi secara musyawarah, sehingga tidak menimbulkan kerugian bagi salah satu pihak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rosida, Hanifahanifarosida331@gmail.comC92218135
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSulthon, Sulthonsulthonproling@gmail.com2015057203
Subjects: Hukum Islam
Hukum Islam > Jual Beli
Keywords: Akad istisna; konveksi tangan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Hanifa Rosida
Date Deposited: 10 Oct 2022 06:22
Last Modified: 10 Oct 2022 06:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54466

Actions (login required)

View Item View Item