Remediasi miskonsepsi menggunakan Model Kooperatif Tipe Peer Tutoring berdasarkan Hasil Self Assessment

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmayanti, Dian (2022) Remediasi miskonsepsi menggunakan Model Kooperatif Tipe Peer Tutoring berdasarkan Hasil Self Assessment. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dian Rahmayanti_D04217009 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Miskonsepsi merupakan kesalahan dalam memahami konsep yang harus segera diperbaiki. Cara membenahi miskonsepsi yaitu salah satunya dengan melakukan remediasi terhadap pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe peer tutoring. Penilaian yang digunakan untuk menentukan tentor pada saat remediasi menggunakan teknik self assessment. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan miskonsepsi siswa sebelum dan sesudah diterapkan remediasi, jenis miskonsepsi siswa, hasil self assessment serta hasil belajar siswa terhadap miskonsepsi. Penelitian dilakukan di SMP Cendekia Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan teknik purposive sampling dalam pengambilan subjek. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes diagnostik three-tier yang dilakukan dua kali (tes diagnostik awal dan tes diagnostik akhir), wawancara serta angket. Instrumen penelitian berupa lembar soal ¬tes diagnostik awal, tes diagnostik akhir, pedoman wawancara, dan lembar angket mengenai self assessment. Sesuai dengan rumusan masalah, penelitian ini mendapatkan hasil: (1) Miskonsepsi pada tes diagnostik awal siswa menunjukkan rata-rata persentase miskonsepsi sebesar 8,57%, rata-rata miskonsepsi (false positive) sebesar 14,28% serta rata-rata miskonsepsi (false negative) sebesar 5%; (2) Jenis miskonsepsi yang paling banyak dialami siswa pada tes diagnostik awal yaitu miskonsepsi penggeneralisasian; (3) Rata-rata pada kategori Sudah Membudaya (SM) sebesar 71,42%, kategori Mulai Berkembang (MB) sebesar 14,29% dan kategori Mulai Terlihat (MT) sebesar 14,29%; (4) Persentase rata-rata indikator miskonsepsi mengalami penurunan setelah siswa mengikuti pembelajaran kooperatif tipe peer tutoring dari 8,57% menjadi 0,77%, rata-rata miskonsepsi (false positive) dari 12,86% menjadi 1,54% serta miskonsepsi (false negative) dari 5% menjadi 0%; (5) Capaian KKM menunjukkan ketuntasan klasikal sebesar 76,92%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmayanti, Diandianrahmayanti2112@gmail.comD04217009
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
UNSPECIFIEDMaunah, Setyawatimaunah_iain@yahoo.com197411042008012008
UNSPECIFIEDLisanul Uswah, Sadiedalisanuluswah@uinsby.ac.id2026098302
Subjects: Matematika
Keywords: Remediasi; peer tutoring; miskonsepsi; self assessment; tes diagnostik Three-tier
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dian Rahmayanti
Date Deposited: 07 Sep 2022 08:56
Last Modified: 07 Sep 2022 08:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54472

Actions (login required)

View Item View Item