Gerakan literasi dalam membentuk kreativitas siswa di MI Negeri 2 Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Thoyibah, Milatut (2022) Gerakan literasi dalam membentuk kreativitas siswa di MI Negeri 2 Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Milatut Thoyibah_D77218046 OK.pdf

Download (2MB)

Abstract

Metode dan jenis penilitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode penelitian data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menjelaskan bahwa (1) Upaya yang dilakukan oleh guru dalam membentuk kreativitas siswa melalui gerakan literasi pada tahap pembiasaan yakni Penerapan program kegiatan 15 menit membaca dengan metode pemahaman membaca dan pemberian tugas terkait bacaan, Guru ikut berperan sebagai objek pembiasaan literasi, Menata kelas menjadi lingkungan yang kaya akan kreativitas. Pada tahap pengembangan yakni menggambar ilustrasi dari suatu bacaan, memberikan apresiasi atau penghargaan bagi siswa pegiat literasi, memfasilitasi siswa dengan penggunaan literasi digital/referensi digital, pembukuan kreativitas siswa. dan pada tahap pembelajaran yakni menyisipkan literasi pada kegiatan pembelajaran dengan penggunaaan media power point, penggunaan video pembelajaran, menulis cerita sederhana. (2) Kendala-kendala guru dalam membentuk kreativitas siswa yakni kurang lengkapnya buku di perpustakaan, tidak semua kelas terkoneksi wifi, dan kurangnya pemahaman orang tua terhadap literasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Thoyibah, Milatutmilatut20@gmail.comD77218046
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNadlir, Nadlirnadlir@uinsby.ac.id2022076802
Thesis advisorMunawir, Munawirmunawirpgmi@gmail.com2001086501
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Pendidikan > Pendidikan - Kualitas Guru
Pendidikan > Minat Baca
Keywords: Upaya guru; kreativitas; literasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Milatut Thoyibah
Date Deposited: 29 Oct 2023 04:03
Last Modified: 29 Oct 2023 04:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54488

Actions (login required)

View Item View Item