Pengaruh metode pembelajaran Mind Map terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran Akidah Akhlak Kelas IV MI An Noor Karangasri Ngawi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hanifah, Hanifah (2022) Pengaruh metode pembelajaran Mind Map terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran Akidah Akhlak Kelas IV MI An Noor Karangasri Ngawi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hanifah_D97218088 ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena hasil belajar peserta didik kelas IV di MI An-Noor Karangasri Ngawi pada mata pelajaran akidah akhlak sebagian besar masih di bawah kriteria ketuntasan minimum (KKM). Pembelajaran sering terpusat pada guru dengan metode konvensional, sehingga siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk masalah tersebut adalah penggunaan metode mind map. Mengingat bahwa materi yang dimuat dalam mata pelajaran akidah akhlak merupakan materi yang kompleks, maka peserta didik perlu memetakan materitersebut agar lebih mudah untuk memahaminya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) hasil belajar siswa mata pelajaran akidah akhlak kelas IV MI An-Noor Karangasri Ngawi sebelum dan sesudah diterapkannya metode mind map, 2) apakah metode pembelajaran mind map berpengarih terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran akidah akhlak kelas IV MI An-Noor Karangasri Ngawi. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Desain dalam penelitian ini menggunakan pre-test post-test control group design. Sedangkan teknik sampling yang digunakan peneliti adalah simple random sampling. Sampel pada penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui tes. Tes berjumlah 10 soal berbentuk pilihan ganda. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil belajar peserta didik mata pelajaran akidah akhlak kelas IV lebih tinggi setelah diterapkannya metode mind map. Hal ini dibuktikan dengan hasil rata-rata nilai sebelum diberikan perlakuan adalah 56 sedangkan hasil rata-rata nilai sesudah diberikan perlakuan adalah 81. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil belajar peserta didik (X) dengan penggunaan metode mind map (Y). Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis statistik uji-t didapatkan nilai signifikansi (2 tailed) 0,001 < 0,05. Artinya H0 ditolak dan Ha diterima.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hanifah, Hanifahhanifah.fbr13@gmail.comD97218088
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSaleh, Chairatichairatisaleh@uinsby.ac.id2011047302
Thesis advisorTamwifi, Irfanirf.tamwifi@gmail.com2002017001
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Keywords: Metode Mind Map
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Hanifah Hanifah
Date Deposited: 08 Sep 2022 07:30
Last Modified: 08 Sep 2022 07:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54500

Actions (login required)

View Item View Item