Strategi pemberdayaan ekonomi masyarakat perspektif ekonomi syariah: studi pada MWC NU Dukun dan Panceng Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fikry, Muhammad Syaikhul (2022) Strategi pemberdayaan ekonomi masyarakat perspektif ekonomi syariah: studi pada MWC NU Dukun dan Panceng Gresik. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Syaikhul Fikry_F02418153 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Muhammad Syaikhul Fikry_F02418153 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 March 2027.

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menjawab mengenai strategi pemberdayaan ekonomi masyarakat yang diterapkan oleh MWC NU Dukun dan Panceng Gresik, implementasi pemberdayaan ekonomi masyarakat oleh MWC NU Dukun dan Panceng Gresik, dan tinjauan ekonomi syariah terhadap pemberdayaan ekonomi masyarakat yang dilakukan oleh MWC NU Dukun dan Panceng Gresik. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif melalui pendekatan studi kasus dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik deskriptif untuk menggambarkan sifat atau keadaan yang dijadikan objek dalam penelitian, sehingga menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis yang kemudian disimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemberdayaan ekonomi masyarakat yang diterapkan oleh MWC NU Dukun adalah dengan menggunakan pemberdayaan berbasis koperasi dan program kemandirian ekonomi. Sedangkan pada MWC NU Panceng dengan menggunakan pemberdayaan berbasis minimart dan pembentukan kandang usaha. Implementasi pemberdayaan oleh MWC NU Dukun adalah dengan didirikannya KSSPS NU Dukun dan PT. Bina Nusa Mandiri. Implementasi pada MWC NU Panceng adalah didirikannya Sembilan Bintang Mart dan pembentukan Kandang Usaha. Tinjauan ekonomi syariah terhadap pemberdayaan ekonomi masyarakat yang dilakukan oleh MWC NU Dukun dan Panceng Gresik telah sesuai dengan konsep ekonomi syariah diantaranya yakni berdasarkan tujuan pencapaian falah} dan tujuan penegakan persaudaraan dan persatuan, serta juga telah sesuai dengan prinsip jaminan sosial dan prinsip tolong-menolong.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fikry, Muhammad Syaikhulmuhsyary@gmail.comF02418153
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRitonga, Iskandariskandarritonga999@gmail.com2015066502
Thesis advisorGhozali, Muhammad Lathoifmuhammadlathoif@gmail.com2003117501
Subjects: Ekonomi Islam
Pemberdayaan
Keywords: Strategi; pemberdayaan; ekonomi syariah
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Muhammad Syaikhul Fikry
Date Deposited: 01 Mar 2024 05:58
Last Modified: 01 Mar 2024 05:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54514

Actions (login required)

View Item View Item