Implementasi pembelajaran akidah akhlak dalam pembentukan karakter religius peserta didik kelas VI MIN 1 Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rochmah, Rosidatur (2022) Implementasi pembelajaran akidah akhlak dalam pembentukan karakter religius peserta didik kelas VI MIN 1 Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rosidatur Rochmah_D07218024.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya kemunduran karakter religius peserta didik yang mana hal ini data dilihat dari beberapa kasus pelanggaran akhlak yang terjadi pada peserta didik. seperti seringnya berbicara kasar atau kotor memiliki sikap pemarah, saling menghina antar teman. Masalah yang akan diteliti dalam penelitian ini; 1) implementasi pembelajaran Akidah Akhlak pada peserta didik di kelas VI MIN 1 Gresik. 2) Faktor pendukung dan penghambat implementasi pembelajaran Akidah Akhlak dalam pembentukan karakter religius peserta didik kelas VI MIN 1 Gresik 3) Solusi dari hambatan implementasi pembelajaran Akidah Akhlak dalam pembentukkan karakter religius peserta didik kelas VI MIN 1 Gresik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Adapun teknik pengumpulan datanya ialah menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi denga pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) implementasi pembelajaran akidah akhlak di kelas VI MIN 1 Gresik berjalan dengan baik. Hal ini dapat ditunjukkan melalui kesiapan guru dalam merencanakan pembelajaran, melaksanakan kegiatan pembelajaran serta cara mengevaluasinya. 2) faktor pendukung dari terbentuknya karakter religius peserta didik kelas VI di MIN 1 Gresik ialah pergaulan lingkungan peserta didik, modelling dari guru, terjalinnya hubungan baik dengan masyarakat sekitar dan adanyakegiatan ubudiyah. Sedangkan faktor penghambatnya ialah adanya dampak negatif dari media sosial bagi peserta didik kelas VI dan masih terdapatnya beberapa peserta didik yang sulit menurut atau diatur apabila diberitahu ataupun diberi nasihat oleh guru. 3) solusi dari faktor hambatan tersebut ialah menekankan adab dalam berinteraksi kepada siapapun dan menekankan pada orangtua agar turut memantau penggunaan media sosial bagi peserta didik serta memberikan pengarahan atau motivasi berupa nasihat, memberikan catatan jurnal sikap dan diberlakukannya hukuman yang bermanfaat bagi peserta didik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rochmah, Rosidaturrrosidatur@gmail.comD07218024
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukaffa, Zumrotulzumrotul_mukafah@yahoo.com2015107003
Thesis advisorTaufik, Taufiktaufiksiraj@uinsby.ac.id2002027303
Subjects: Aqidah
Aqidah
Wajib Belajar > Aqidah

Akhlak
Akhlak > Akhlak Mulia
Keywords: Implementasi pembelajaran; akidah akhlak; karakter religius
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rosidatur Rochmah
Date Deposited: 19 Sep 2022 06:00
Last Modified: 19 Sep 2022 06:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54517

Actions (login required)

View Item View Item