Tinjauan fiqh siyasah dusturiyah terhadap optimalisasi pengawasan perizinan reklame di Kabupaten Gresik menurut peraturan bupati no. 6 tahun 2016 tentang penyelenggaraan reklame.

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Vadia, Yusi Putri (2022) Tinjauan fiqh siyasah dusturiyah terhadap optimalisasi pengawasan perizinan reklame di Kabupaten Gresik menurut peraturan bupati no. 6 tahun 2016 tentang penyelenggaraan reklame. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yusi Putri Vadia_C74218063 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Yusi Putri Vadia_C74218063 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 March 2027.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian yang dilakukan ini termasuk penelitian lapangan (field research). Langkah-langkah yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dengan Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu, Satuan Polisi Pamong Praja. Kemudian data yang terkumpul dianalisis dengan metode analisis deskriptif dengan pola deduktif, yaitu dengan menggambarkan hasil penelitian secara sistematis dari hasil telaah teks dan wawancara, kemudian penulis memeberikan pemecahan persolaan dengan teori Fiqh Siya>sah Dusturiyah Peraturan Bupati Penyelenggaraan Reklame di Kota Gresik.
Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Optimalisasi Pengawasan Perizinan Reklame di wilayah Kota Gresik yang dilaksanakan oleh Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu, Satpol PP dan yang tergabung dalam Tim Pokja penyelenggaraan Reklame. Pengawasan reklame yang dilakukan sudah cukup optimal dengan upaya-upaya, aksi dan kegiatan lainnya yang telah dilakukan instansi penyelenggara reklame di wilayah Kota Gresik. Tetapi ada beberapa yang belum maksimal seperti yang dijumpai dilapangan masih ada pelanggaran reklame yang mengganggu pejalan kaki di trotoar, jumlah pemasangaan reklame yang terlalu banyak dan tidak sesuai dengan surat izin. Dari beberapa kasus diatas, dapat dikaji bahwa pengawasan yang dilakukan oleh Tim Pokja penyelenggaraan Reklame masih kurang optimal. Jika hal ini terus dilakukan, maka tidak menutup kemungkinan berdampak pada para pengguna jalan. Dalam perspektif Siyasah Dusturiyah dalam Marsalah Mursalah, tujuan disusunnya suatu peraturan atau perundang-undangan yaitu untuk mengatur penyelenggaraan pemerintahan yang baik, haruslah penting mengutamakan kemslahatan bagi masyarakat. Terutama kewenangan Dinas Penanaman Modal dan PTSP dan Tim pokja yaitu tugasnya menangani pengawasan terhadap penyelenggaraan reklame liar. Selain itu ditinjau dalam perspektif Wilaya>tul Hisba>h yang memiliki aspek penting dalam melakukan pengawasan yang sesuai syariat yang harus dijalankan oleh lembaga pengawasan. Oleh sebab itu, maka disarankan agar Dinas Penanaman Modal dan PTSP serta yang tergabung dalam Tim Pokja penyelenggaraan reklame dapat menjalin kerjasama dan koordinasi tim dengan cara meningkatkan penertiban dan melakukan upaya dengan memebrikan program kepada masyarakat terkait pentingnya mematuhi peraturan dalam perizinan, petingnya membayar pajak dan tata cara melakukan penyelenggaraan reklame yang benar sesuai peraturan yang berlaku, sehingga penyelenggaran reklame di wilayah Kabupaten Gresik dapat terpelihara dan berjalan dengan baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Vadia, Yusi Putriyusipriv18@gmail.comC74218063
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYasin, Achmadachmadyasin650@gmail.com2027076702
Subjects: Agama
Hukum Islam
Hukum > Hukum Tata Negara
Keywords: Reklame dan Pelanggaran; Peraturan Daerah; Perda
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Yusi Vadia
Date Deposited: 01 Mar 2024 07:22
Last Modified: 01 Mar 2024 07:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54528

Actions (login required)

View Item View Item