Analisis hukum Islam terhadap praktik penyaluran uang kas dengan akad utang piutang di Desa Kambingan Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Firdyawati, Anggun (2022) Analisis hukum Islam terhadap praktik penyaluran uang kas dengan akad utang piutang di Desa Kambingan Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anggun Firdyawati_C92218114 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Analisis Hukum Islam Terhadap Praktik Penyaluran Uang Kas dengan Akad Utang Piutang di Desa Kambingan Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik” merupakan riset dalam rangka menjawab rumusan masalah: 1) Bagaimana praktik penyaluran uang kas dengan akad utang piutang di Desa Kambingan Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik? 2) Bagaimana analisis hukum Islam terhadap penyaluran uang kas menggunakan akad utang piutang di Desa Kambingan Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik? Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan yang teknik pengumpulan datanya didapat melalui hasil wawancara dan dokumentasi. Dari wawancara yang dilakukan yakni dengan para pengurus, warga yang mengikuti serta kepala desa. Dokumentasi yang diperoleh yakni berupa buku catatan utang piutang, lembar tagihan hutang serta data para pihak yang bersangkutan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan data yang didapat akan disusun dan dianalisis dengan mengunakan metode analisis deskriptif dan kesimpulan menggunakan pola pikir induktif. Dari pembahasan ini dapat disimpulkan, bahwa: 1) Praktik penyaluran uang kas dengan akad utang piutang di desa Kambingan kecamatan Cerme kabupaten Gresik dilakukan dengan menggunakan akad utang piutang secara tertulis dan warga wajib membayar bunga dari utang tersebut sebesar 15% setiap 3 bulan sekali. Selain itu untuk pembayaran hutang pokok dilakukan ketika uang dari hutang pokok para warga telah mencukupi target yang telah ditentukan dan untuk nama kegiatan pembayarannya disebut dengan ponesan. Dalam akad tersebut ditemukan beberapa permasalahan yakni diantaranya tidak terpenuhinya rukun dan syarat dimana tidak adanya barang yang diutangkan saat awal terjadinya akad. Selain itu terdapat praktik riba yang mengharuskan warga membayar bunga yang berlipat. Jangka waktu dari pelunasan jumlah hutang pokok tersebut tidak dapat ditentukan secara pasti. 2) Hasil analisis hukum Islam terhadap praktik penyaluran uang kas dengan akad utang piutang di desa kambingan kecamatan Cerme kabupaten Gresik tidak sah karena tidak memenuhi rukun, syarat sah akad qarḍ sehingga menjadikan akad tersebut tidak sah menurut hukum Islam. Praktik utang piutang yang digunakan seperti cara pembayaran serta jangka waktu nya tidak sah menurut hukum Islam karena pembayaran tidak dapat disegerakan dan jangka waktu pembayaran tidak jelas yang menjadikan akad tersebut menjadi tidak sah. Dari kesimpulan tersebut, selaku penulis dapat memberikan sedikit saran kepada para pihak agar menggunakan metode lain dalam memperoleh uang kas kampung yang berkah. Seperti contohnya iuran rutin atu bisa menggunakan metode koperasi simpan pinjam. sehingga tidak merugikan para pihak yang ikut serta.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Firdyawati, Anggunanggun.firdyawati01@gmail.comC92218114
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSholihuddin, Muhammadmsholihuddin@uinsby.ac.id2025077701
Subjects: Hukum Islam
Muamalat Muamalah
Keywords: Hukum Islam; utang piutang; uang kas
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Anggun Firdyawati
Date Deposited: 10 Oct 2022 07:06
Last Modified: 10 Oct 2022 07:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54529

Actions (login required)

View Item View Item