Studi kelayakan Pantai Gebang Bangkalan sebagai tempat rukyatulhilal: tinjauan astronomis-geografis

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maslihah, Nihayatul (2022) Studi kelayakan Pantai Gebang Bangkalan sebagai tempat rukyatulhilal: tinjauan astronomis-geografis. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nihayatul Maslihah_C08215017.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian lapangan guna menjawab pertanyaan mengenai bagaimana latar belakang penggunaan Pantai Gebang Bangkalan sebagai tempat rukyatulhilal dan bagaimana kelayakan Pantai Gebang Bangkalan sebagai tempat rukyatulhilal dalam aspek Atronomis Geografis. Dalam penulisan skripsi ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Kemudian data primer yang peneliti gunakan adalah wawancara dengan pihak penyelenggara rukyatulhilal yang berlokasi di Pantai Gebang Bangkalan. Data tersebut dikumpulkan menggunakan teknik dokumentasi, wawancara, dan observasi. Kemudian diolah dengan tehnik pengolahan data editing. Dan yang terakhir dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif. Dari hasil penelitian ini didapatkan informasi bahwa latar belakang penggunaan Pantai Gebang Bangkalan dijadikan sebagai tempat observasi hilal berawal dari tradisi rukyatulhilal yang dilakukan oleh Pondok Pesantren, kemudian dilanjutkan oleh PCNU dikarenakan tempatnya yang cukup strategis dengan pandangan yang bebas ke arah ufuk, hingga sekarang telah ditetapkan bangunan permanen untuk menunjang observasi hilal yang maksimal. Selain itu Penulis juga mendapatkan hasil penelitian bahwa rukyatulhilal di Pantai Gebang Bangkalan telah dinyatakan layak karena telah memenuhi aspek-aspek yang dibutuhkan baik dalam tinjauan astronomis maupun geografis, juga karena aksebilitas yang mudah, akomodasi yang mudah dijangkau, dan jaringan komunikasi yang mendukung. Dibuktikan dengan data-data yang telah terlampir. Pelaksanaan rukyatulhilal di Pantai Gebang Bangkalan tidak setiap bulan dilakukan. Dari sepanjang penelitian yang dilakukan oleh Penulis, Penulis membuat saran kepada Pemerintah terkait agar menetapkan jadwal pasti pelaksanaan Rukyatulhilal yang sebelumnya tidak tentu kepastian pelaksanaannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maslihah, Nihayatulnihaya9977@gmail.comC08215017
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAl-Hamidy, Abu Dzarrinadzarrin2015@gmail.com2004067302
Subjects: Astronomi
Falak
Keywords: Ilmu Falak; tempat rukyatulhilal; atronomis geografis
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Falak
Depositing User: Nihayatul Maslihah
Date Deposited: 20 Sep 2022 03:25
Last Modified: 20 Sep 2022 03:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54540

Actions (login required)

View Item View Item