Perancangan Kawasan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) dengan pendekatan Eco-Tech di Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Asisaka, Muhammad Arie (2022) Perancangan Kawasan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) dengan pendekatan Eco-Tech di Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

This is the latest version of this item.

[img] Text
Muhammad Arie Asisaka_H03218012 ok.pdf

Download (8MB)

Abstract

Dalam 5 tahun mendatang tempat pembuangan akhir Jabon akan penuh jika tidak dilakukan treatment. berdasarkan perhitungan loud count analysis kenaikan input sampah 2% pertahunnya. Ini berdampak buruk karena menimbulkan pencemaran bau, tanah dan air disekitar. Timbulan sampah di saat ini hingga 20 meter lebih, menyebabkan akumulasi gas methane yang mudah meledak. Disebabkan tidak adanya pemprosesan sampah yang masuk. Menanggapi isu tersebut, maka pemerintah Provinsi Jawa Timur berencana membangun pembangkit listrik tenaga sampah. Dilengkapi wisata edukasi dan sanitary landfill untuk pemanenan gas methane. Pembangkit listrik rencananya akan menggunakan spesifikasi Gasification Power Plant dimana cocok diterapkan karena kesesuaian nilai kalor sampah dan mampu memproses semua jenis sampah campur. Pembangkit listrik ini bisa menggantikan sumber energi listrik Indonesia yang saat ini masih menggunakan batu bara yang tidak ramah lingkungan, juga sebagai upaya menggapai target Indonesia menjadi negara zero emisi karbon pada tahun 2050. Pendekatan Arsitektural yang dipakai menggunakan Eco-Tech Design dengan pemahaman konteks teknis mesin dan isu polusi eksisting site sangat dipertimbangkan sehingga dapat melahirkan desain yang menyesuaikan kebutuhan eksisting pengembangan masterplan dan potensi terbaik pemanfaatan site kawasan ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Asisaka, Muhammad Ariearieasisaka@gmail.comH03218012
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRatodi, Muhamadmratodi@uinsby.ac.id2004038102
Thesis advisorAuvaria, Shinfi Waznashinfiwaznaauvaria@gmail.com2028038601
Subjects: Arsitektur
Keywords: Ramah lingkungan; wisata edukasi; sampah; metana; Eco-Tech
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: Arie Asisaka
Date Deposited: 06 Sep 2022 08:28
Last Modified: 06 Sep 2022 08:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54557

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item