Digitalisasi pembelajaran melalui Platform Website Wix.Com pada mata pelajaran PAI di UPT SMP Negeri 3 Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Utama, Rico Amalda (2022) Digitalisasi pembelajaran melalui Platform Website Wix.Com pada mata pelajaran PAI di UPT SMP Negeri 3 Gresik. Other thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rico Amalda Utama_D01218043.pdf

Download (4MB)

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian field research dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang dikumpulkan berasal dari hasil observasi, wawancara, angket dan dokumentasi dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan tiga tahap yaitu tahap kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa (1) aspek yang perlu dipersiapkan dalam digitalisasi pembelajaran PAI ialah sarana dan prasarana, SDM yang memadai, dan materi pembelajaran digital (2) proses digitalisasi dimulai dengan membuat materi secara digital, memasuki halaman awal website wix.com, mendaftar, menentukan tujuan website, memilih kategori, memilih fitur, memilih alternatif proses, memilih template, menunggu proses penyusunan, menyunting bagian web, mengunggah file, menyimpan dan mempublikasikan web (3) keuntungan dari digitalisasi pembelajaran PAI melalui platform website wix.com ialah website bisa dimasuki tanpa registrasi, penilaian soal otomatis, materi yang bisa diunduh bebas, terintegrasi dengan berbagai macam aplikasi, peserta didik yang tidak masuk bisa tetap ikut pelajaran, adanya fitur chat secara global, dan meningkatnya hasil belajar, kerugiannya ialah koneksi yang kadang lamban, banyaknya data menguras penyimpanan cloud, akses tanpa batas memungkinkan file terkena virus, plan website masih free bukan premium, konsumsi data yang besar, naiknya peluang bolos sekolah (4) solusi mengatasi kerugian digitalisasi pembelajaran PAI melalui platform website wix.com ialah menggunakan wifi, menggunakan banyak penyimpanan cloud, menambahkan HTTPS, menyalakan fitur penghematan data, mengawasi jumlah view dan kunjungan setiap saat
Kata Kunci : Digitalisasi Pembelajaran PAI, Pendidikan Agama Islam, Website Wix.com

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Other)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Utama, Rico Amaldaricoutama29@gmail.comD01218043
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAmrullah, Amrullahaamrullahaziz@gmail.com2003097303
Thesis advisorRohman, Fathurfathur1173@gmail.com2030117301
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Media
Keywords: Digitalisasi Pembelajaran PAI
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rico Amalda Utama
Date Deposited: 13 Oct 2022 07:44
Last Modified: 13 Oct 2022 07:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54558

Actions (login required)

View Item View Item