Perancangan gedung Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Sidoarjo dengan pendekatan arsitektur perilaku

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Marginingsih, Setyo Wardani (2022) Perancangan gedung Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Sidoarjo dengan pendekatan arsitektur perilaku. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Setyo Wardani Marginingsih_H93218070.pdf

Download (12MB)

Abstract

Banyak Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Sidoarjo yang belum melengkapi sarana dan prasarana yang benar–benar representatif dan sesuai dengan standar. Kurangnya sarana dan prasrana ini akan berdampak pada terhambatnya perkembangan dan pertumbuhan anak usia dini dikarenakan terbatasnya kegiatan atau aktivitas bermain pada anak. Pada beberapa kasus perilaku negatif anak-anak berkaitan dengan faktor sekolah. Penggunaan pendekatan arsitektur perilaku dalam perancangan ini, sebagai upaya untuk membangun Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Sidoarjo dengan lebih baik. Hasil perancangan terbagi dalam lima konsep. Pertama, pada perancangan tapak dibagi menjadi zona dalam dan zona luar dengan pertimbangkan keamanan dan ruang lingkup aktivitas anak di dalam tapak. Kedua, pada konsep bangunan bentukan dasar diambil dari bentuk lingkaran yang ditransformasikan dengan jarak antar bangunan utama tidak jauh dan saling terhubung. Ketiga, konsep ruang dalam perancangan Lembaga PAUD merupakan implementasi dari standar tingkat pencapaian perkembangan anak dengan pertimbangan desain berdasarkan pendekatan arsitektur perilaku. Keempat, konsep struktur didasarkan pada kondisi lingkungan sekitar sehingga dapat menentukan jenis struktr yang tepat untuk digunakan. Kelima, konsep utilitas meliputi air bersih, air kotor, jaringan listrik, dan sistem pemadam kebakaran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Marginingsih, Setyo Wardanisetyowardani16@gmail.comH93218070
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRatodi, Muhamadmratodi@uinsby.ac.id2004038102
Thesis advisorWidiastuti, Mega Ayundyamegaayundya@uinsby.ac.id2010038701
Subjects: Arsitektur
Perilaku
Keywords: PAUD; Sidoarjo; arsitektur perilaku
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: setyo wardani marginingsih
Date Deposited: 21 Jul 2022 01:43
Last Modified: 21 Jul 2022 01:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54579

Actions (login required)

View Item View Item