Analisis hukum islam terhadap perjanjian uang tambahan pada praktik hutang piutang di Desa Wrati Kecamatan Kejayan Kabupaten Pasuruan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rijalulloh, Muhammad (2022) Analisis hukum islam terhadap perjanjian uang tambahan pada praktik hutang piutang di Desa Wrati Kecamatan Kejayan Kabupaten Pasuruan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Rijalulloh_C72218086.pdf

Download (2MB)

Abstract

Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa : pertama, Praktik terhadap hutang piutang (qard) dengan uang tambahan yang dilakukan oleh pihak pemberi hutang dan Peminjam di Desa Wrati Kecamatan Kejayan Kabupaten Pasuruan sudah sesuai dengan rukun dan syarat yakni ‘aqdain, Shig{at, ma’qud ‘alaih, kedua,bahwa praktik hutang piutang yang dilakukan oleh kedua belah pihak antara peminjam dan pemberi pinjaman dengan uang tambahan yang ditentukan atau diperjanjikan diawal akad tersebut tidak sesuai dengan syarat maudu’ al’aqd (tujuan diadakanya akad) menurut hukum Islam. Karena syarat dari akad qard{ adalah akad yang mengandung nilai ta’awun yakni tolong menolong tanpa adanya imbalan atau kelebihan dalam pembayaran meskipun antar kedua belah pihak saling rela (antaradin) akan tetapi didalamnya tetap mengandung unsur riba yakni riba al-qard. Ketentuan ini dapat disandarkan kepada Hadits ”Tiap-tiap piutang yang mengambil manfaat, maka ia semacam dari beberapa macam riba”. sebab hukum riba itu diharamkan ketika tambahan tersebut diperjanjikan diawal akad.Sejalan dengan kesimpulan diatas, maka bagi para pihak yakni antara pemberi pinjaman dan peminjam sebaiknya tidak menyepakati suatu hal yang megandung manfaat karena dalam memberikan manfaat yang ditentukan dalam akad tersebut termasuk dari kegiatan yang mengandung riba dan lebih memerhatikan prinsip-prinsip dari hukum islam dalam melakukan transaksi apapun.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rijalulloh, Muhammadrizalabdi2000@gmail.comC72218086
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNurhayati, Nurhayatinurhayati@uinsby.ac.id2027066801
Subjects: Hukum Islam
Muamalat Muamalah
Keywords: Hukum Islam; perjanjian uang tambahan; hutang piutang (Qard)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Muhammad Rijalulloh
Date Deposited: 13 Oct 2022 07:13
Last Modified: 13 Oct 2022 07:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54584

Actions (login required)

View Item View Item