Komparasi prestasi belajar fikih peserta didik dengan peminatan Program Tahfidz Entrepreneur dan Program Kutubut Turots di MA Bilingual Junwangi Krian Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nif'ah, Nurun (2022) Komparasi prestasi belajar fikih peserta didik dengan peminatan Program Tahfidz Entrepreneur dan Program Kutubut Turots di MA Bilingual Junwangi Krian Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurun Nif'ah_D71218092 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komparasi prestasi belajar fikih peserta didik dengan peminatan program tahfidz entrepreneur dan program kutubut turots di MA Bilingual Junwangi Krian Sidoarjo, maka dibuat rumusan masalah : (1) Bagaimanakah deskripsi program tahfidz entrepreneur dan program kutubut turots di Madrasah Aliyah Bilingual Junwangi Krian Sidoarjo?, (2) Bagaimanakah komparasi prestasi belajar fikih peserta didik dengan peminatan program tahfidz entrepreneur dan program kutubut turots di MA Bilingual Junwangi Krian Sidoarjo?, (3) Bagaimanakah analisis prestasi belajar fikih peserta didik dengan peminatan program tahfidz entrepreneur dan program kutubut turots di MA Bilingual Junwangi Krian Sidoarjo? Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, bersifat studi kasus. Pengumpulan data diperoleh dari teknik wawancara serta dokumentasi. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini memaparkan bahwasanya: (1) Deskripsi program tahfidz entrepreneur dan program kutubut turots di Madrasah Aliyah Bilingual Junwangi Krian Sidoarjo, yang meliputi definisi dari dua program tersebut, bentuk kurikulum serta kegiatannya, dasar pemikiran berdirinya, prestasi non akademik yang telah diraih, kelebihan dan kekurangan/problematika baik dari program tahfidz entrepreneur dan program kutubut turots, (2) Komparasi prestasi belajar Fikih peserta didik dengan peminatan program tahfidz entrepreneur dan program kutubut turots di MA Bilingual menunjukkan bahwasannya jika dikategorikan dalam predikat nilai. Maka, peserta didik program tahfidz entrepreneur lebih unggul dari pada peserta didik program kutubut turots. Namun, jika dikategorikan mengguakan nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) peserta didik program sanggar kutubut turots lebih unggul dari pada peserta didik program sanggar tahfidz entrepreneur. Perbandingan data diambil dari nilai penilaian akhir semester (PAS) ganjil di kelas X, (3) Analisis faktor yang mempengaruhi prestasi belajar peserta didik program sanggar tahfidz entrepreneur yaitu keinginan yang kuat dari peserta didik, kecerdasan peserta didik tahfidz, Fikih berkaitan dengan dalil al-Qur’an. Sedangkan untuk faktor yang mempengaruhi peserta didik program sanggar kutubut turots kemahiran dalam ilmu alat sehingga peserta didik mahir dalam membaca dan memahami isi kitab terutama di ilmu Fikih dari peserta didik non program sanggar kutubut turots.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nif'ah, Nurunnurun.nifah@gmail.comD71218092
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorThobroni, Ahmad Yusamayusamth71@gmail.com2022077101
Thesis advisorSyamsudin, Syamsudinsyamsudinuinsby@gmail.com2012096702
Subjects: Islam
Pendidikan Islam
Al Qur'an
Keywords: Prestasi belajar; Tahfidz Entrepreneur; Kutubut turots
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nurun Nif'ah
Date Deposited: 07 Sep 2022 08:42
Last Modified: 07 Sep 2022 08:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54588

Actions (login required)

View Item View Item