Efektivitas pembelajaran hybrid learning berbantuan google classroom untuk meningkatkan hasil belajar materi arus listrik di SMPN 5 Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Paramitha, Silvia Melinda (2022) Efektivitas pembelajaran hybrid learning berbantuan google classroom untuk meningkatkan hasil belajar materi arus listrik di SMPN 5 Bojonegoro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Silvia Melinda Paramitha_D0A218020.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan rendahnya hasil belajar tentang materi Arus Listrik selama pembelajaran online saat pandemi di SMP Negeri 5 Bojonegoro. Hasil belajar saat pandemi menunjukkan hasil yang rendah, dibuktikan dari rata-rata nilai materi Arus Listrik sebesar 55,61 ≤ dari KKM yang ditetapkan yaitu 76. Penyebab rendahnya hasil belajar karena pembelajaran online penuh kurang optimal untuk keberhasilan belajar. Kemendikbud menciptakan suatu panduan tentang pembelajaran tatap muka di masa pandemi. Pembelajaran Hybrid Learning dianggap sebagai solusi untuk bisa melakukan tatap muka di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran Hybrid Learning berbantuan Google Classroom untuk meningkatkan hasil belajar materi Arus Listrik di SMP Negeri 5 Bojonegoro. Metode penelitian yang digunakan ialah kuantitatif, yang mana menggunakan pre-eksperimental design bentuk one group pretest-posttest design. Populasi pada penelitian ialah seluruh peserta didik kelas IX, sedangkan sampel yang digunakan untuk penelitian ialah siswa kelas IX-A sebanyak 31 siswa, melalui teknik pengambilan sampel yaitu Simple Random Sampling. Teknik pengambilan data memakai instrumen berupa tes, dan angket. Hasil data yang sudah diperoleh, selanjutnya dianalisis hipotesis Paired Sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan signifikan dari hasil belajar sebelum dan sesudah pembelajaran Hybrid Learning berbantuan Google Classroom, dibuktikan melalui analisis hipotesis uji t berpasangan menggunakan taraf signifikansi 5% dengan N= 31 dan df=30 diperoleh perhitungan thitung sebesar -6.60117211 dan ttabel sebesar 2.042272456. Hasil t tabel > - t hitung, artinya H0 di tolak, sehingga memperoleh penyimpulan bahwa “Pembelajaran Hybrid Learning berbantuan Google Classroom efektif untuk meningkatkan hasil belajar materi Arus Listrik di SMP Negeri 5 Bojonegoro”.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Paramitha, Silvia Melindasilviamelinda757@gmail.comD0A218020
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWakhidah, Nurnurwakhidah@uinsby.ac.id2015127201
Thesis advisorInayah, Naililnailil.inayah@uinsby.com2020068902
Subjects: Pendidikan > Media
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Pembelajaran Hybrid Learning; Google Classroom; Materi Arus Listrik; Hasil Belajar
Depositing User: Silvia Melinda Paramitha
Date Deposited: 28 Oct 2022 03:53
Last Modified: 28 Oct 2022 03:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54589

Actions (login required)

View Item View Item