Komparasi motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan sistem pembelajaran daring dan luring di SMPN 1 Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Izzah, Dhea Silvia Nur (2022) Komparasi motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan sistem pembelajaran daring dan luring di SMPN 1 Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dhea Silvia Nur Izzah_D01218015.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dengan sistem pembelajaran daring di SMPN 1 Lamongan. 2) Motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dengan sistem pembelajaran luring di SMPN 1 Lamongan. 3) Perbandingan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam pembelajaran daring dan luring di SMPN 1 Lamongan.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah studi komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Studi komparatif ialah penelitian yang bersifat membandingkan. Pada penelitian ini membandingkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dengan sistem daring pembelajaran daring dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dengan sistem pembelajaran luring. Dengan jumlah populasi 977 siswa, dengan teknik pengambilan sampel berupa simple random sampling dan menghasilkan sampel sebanyak 100 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, angket, wawancara serta dokumentasi. Untuk analisa data menggunakan paired sample t-test (sampel berpasangan) dengan bantuan IBM SPSS Statistics 25 for windows.Hasil dalam penelitian ini menyatakan bahwa; 1) Motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dengan sistem pembelajaran daring di SMPN 1 Lamongan termasuk pada kategori baik dengan hasil perhitungan persentase sebesar 72,95. 2) Motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dengan sistem pembelajaran luring di SMPN 1 Lamongan termasuk pada kategori sangat baik yakni dengan hasil perhitungan persentase sebesar 77,1%. 3) Perbandingan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dengan sistem pembelajaran daring dan luring di SMPN 1 Lamongan terdapat persamaan dan perbedaan yang signifikan. Persamaannya yaitu sama-sama dalam kategori baik. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis uji Paired Sample T-Test menunjukkan hasil pengujian Sig. (2-tailed) yakni sebesar 0,000. Nilai signifikasi ini menunjukkan kurang dari <0,05 sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Izzah, Dhea Silvia Nurdheasilvia191@gmail.comD01218015
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFahmi, Muhammadfahme_yes@yahoo.com2106087701
Thesis advisorFaizin, Moh.faizin.7172@gmail.com2015087202
Subjects: Pendidikan
Pendidikan Islam
Keywords: Komparasi; Motivasi Belajar Siswa; Pendidikan Agama Islam (PAI)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dhea Silvia Nur Izzah
Date Deposited: 14 Oct 2022 06:34
Last Modified: 14 Oct 2022 06:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54619

Actions (login required)

View Item View Item