Pendapat lembaga konsultasi pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak (LKP3A) pengurus pimpinan wilayah Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) Jawa Timur tentang dispensasi nikah dalam melindungi kepentingan anak

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Laily, Mudrika (2022) Pendapat lembaga konsultasi pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak (LKP3A) pengurus pimpinan wilayah Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) Jawa Timur tentang dispensasi nikah dalam melindungi kepentingan anak. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Laily Mudrika_C01217011 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Laily Mudrika_C01217011 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 March 2027.

Download (4MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul tentang “Pendapat LKP3A Fatayat NU Jawa Timur Tentang Dispensasi Nikah Dalam Melindungi Kepentingan Anak Indonesia” Menjawab pertanyaan mengenai bagaimana sudut pandang serta argumentasi LKP3A sebagai wadah yang melindungi perempuan dan anak terhadap dispensasi nikah dan bagaimana kesesuaian argumentasi yang digunakan oleh LKP3A tentang dispensasi nikah dalam melindungi kepentingan anak ditinjau dari maqāsid sarīah. Skripsi ini merupakan hasil penelitian kualitatif, dan sumber primer yang penulis gunakan adalah wawancara dengan pihak – pihak yang berkaitan dengan penelitian, dan dokumentasi terhadap berkas – berkas yang berhubungan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh penulis ialah wawancara, dan Teknik analisis data menggunakan metode deskriptif analisis dengan menggambarkan atau menguraikan sesuatu menurut apa adanya yang sesuai dengan kenyatannya atau menganalisis fakta yang diperoleh secara sistematik. Kemudian dikembangkan menjadi pola fikir deduktif, karena metode berfikirnya dengan menganalisa data yang diambil pada saat wawancara, serta kaitannya dengan unsur kesamaan untuk memperoleh kesimpulan secara khusus. Kemudian data diolah dan dianalisis menggunakan teori maqāsid sarīah. Hasil penelitian dapat disimpulkan : Pertama, pendapat LKP3A Fatayat NU Jawa Timur tentang dispensasi nikah dalam melindungi kepentingan anak yang dilatarbelakangi oleh beberapa faktor membuat pemastian hak – hak anak tidak tepenuhi. Karena seharusnya hal yang paling penting adalah memastikan terpenuhinya hak – hak anak. Akan tetapi, jika ditinjau lebih dalam lagi, tidak ada pembelaan untuk kepentingan anak dengan cara mempertaruhkan hak – hak yang mereka miliki baik itu salah satu hak maupun beberapa hak. Kedua, setelah ditinjau dengan perspektif maqāsid sarīah argumentasi yang digunakan oleh LKP3A mengenai dispensasi nikah dalam melindungi kepentingan anak tidak sesuai karena tujuan dari maqāsid sarīah itu harus terpenuhi seluruhnya yaitu memelihara agama (Hifdz ad-Din), memelihara jiwa (Hifdz an-Nafs), memelihara akal (Hifdz al-‘Aql), memelihara keturunan (Hifdz an-Nasab), dan memelihara kehormatan atau harta benda (Hifdz al – Mal). Saran bagi aparat penegak hukum, pemerintah, lembaga atau elemen lainnya, dan masyarakat seharusnya dapat mengimplementasikan hukum yang sudah ada dengan baik dengan cara menjaga kepastian hukum, dan menghindari hal-hal yang membuat kepastian hukum tidak didapatkan. Saran bagi peneliti selanjutnya ialah agar dapat menggunakan penelitian ini sebagai bahan rujukan jika permasalahan yang akan dimiliki memiliki kesamaan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Laily, Mudrikalailymudrika11@gmail.comC01217011
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMasruhan, Masruhan--2004045901
Subjects: Anak
Nikah
Perkawinan
Keywords: Dispensasi Nikah; Nikah; Anak
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Laily Mudrika
Date Deposited: 04 Mar 2024 05:57
Last Modified: 04 Mar 2024 05:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54624

Actions (login required)

View Item View Item