Analisis hukum islam dan maqashid syariah terhadap praktik jual beli masker wajah diakun instagram candyshop08_

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Samuri, Syahrir (2022) Analisis hukum islam dan maqashid syariah terhadap praktik jual beli masker wajah diakun instagram candyshop08_. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Syahrir Samuri_C02217053 1 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul Analisis Hukum Islam dan Maqashid Syariah Terhadap Praktik Jual Beli Masker Wajah Diakun Instagram Candyshop08_. Memiliki focus permasalahan yakni adanya unsur gharar dalam sistem transaksi jual beli masker wajah yang dilakukan oleh pemilik akun Candyshop08_ selaku penjual dengan pembeli. Skripsi ini merupakan penelitian lapangan yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan Pertama, bagaimana praktik jual beli masker wajah diakun instagram Candyshop08_. Kedua, Bagaimana analisis hukum Islam dan maqashid syariah terhadap jual beli masker diakun isntagram Candyshop08_. Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Data yang didapat kemudian dilakukan analisis deskriptif kualitatif dengan cara menganalisis dan menggambarkan berbagai data yang didapat dari hasil observasi dan wawancara mengenai praktik jual beli masker wajah pada akun instagram Candyshop08_. Penelitian ini menggunakan metode berfikir induktif yakni cara berfikir yang menarik kesimpulan bersifat umum dari fakta atau peristiwa yang bersifat kongkrit. Hasil analisis peneliti pada skripsi ini menyimpulkan, bahwa praktik jual beli masker wajah pada akun instagram Candyshop08_ ini pembeli memilih produk masker wajah terlebih dahulu \pada laman instagram kemudian pemesanan melalui link whatsapp kemudian pembeli melakukan pembayaran dengan cara transfer ataupun COD. Analisis hukum Islam sudah memenuhi rukun dan syarat pada jual beli akan tetapi ada kejanggalan terhadap informasi pada objek yang dijadikan sebagai jual beli tersebut. Penulis menganalisis bahwasaanya jual beli ini terdapat unsur gharar. Hal ini dikarenakan bahwa kandungan yang didalam masker tersebut tidak disebutkan pada kemasan produk dan tidak ada informasi terkait BPOM. Dalam analisis maqashid syariah terdapat salah satu macam maqashid syariah yakni menjaga jiwa (hifdzu-nafs) seluruh umat manusia dilindungi Islam, bertujuan menjaga keselamatan jiwa manusia atau bisa juga disebut dengan menjaga kesehatan jiwa manusia itu dalam praktik jual beli masker dapat membahayakan kesehatan manusia pada wajah dikarenakan apabila masker yang digunakan tidak cocok atau dapat membuat wajah pembeli menjadi rusak seperti timbulnya kemerahan, jerawat, bintik-bintik hitam dan juga stress yang berlebihan maka dari itu juga dapat menyebabkan kematian. Adapun saran bagi penjual dan pembeli yakni praktik jual beli masker wajah penjual lebih memperhatikan lagi terkait barang yang telah dijual dan lebih baik apabila dimasker wajah yang dijual sudah tertera BPOM agar tidak terjadi kesalah pahaman terkait suatu produk dan pembeli dapat lebih jeli dan memperhatikan apabila membeli barang yang bahan-bahannya masih belum jelas

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Samuri, Syahrirsyahrirsamuri80@gmail.comC02217053
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorsanuri, sanurisuns_76@yahoo.com2021017603
Subjects: Hukum Islam
Hukum Islam > Jual Beli > Jual Beli
Keywords: Jual beli; jual beli online; Masker
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Syahrir Samuri
Date Deposited: 30 Jul 2023 01:52
Last Modified: 30 Jul 2023 01:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54625

Actions (login required)

View Item View Item