Perancangan rest area Tol KM 64 dengan pendekatan Arsitektur Posmodern Tol Gempol-Pasuruan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Saputra, Dimas Wahyu (2022) Perancangan rest area Tol KM 64 dengan pendekatan Arsitektur Posmodern Tol Gempol-Pasuruan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dimas Wahyu Saputra_H73216060.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tempat istirahat sementara dalam perjalanan bisa disebut sebagai rest area . rest area adalah suatu tempat untuk melepas lelah, jenuh ataupun menunjang aktivitas lain selama perjalanan seperti: makan, kegiatan ke toilet, mengisi bahan bakar,dst. Perjalanan Panjang tentu saja membuat pengendara lebih mudah merasa lelah dan meningkatkan resiko kecelakaan lalu lintas. Tujuan dari perancangan ini adalah menghasilkan rest area yang mewadahi kebutuhan pengendara selama perjalanan. Lokasi perancangan berada di kilometer 64 di Desa Sungikulon, Kecamatan Pohjentrek, Kabupaten Pasuruan. Lokasi rest area ini menghubungkan Sidoarjo- Pasuruan-Probolinggo. Sebelum adanya rest area ini , pengemudi hanya beristirahat di rest area yang belum terbangun/sementara yang tentunya belum memadai. Pada perancangan restarea tipe A ini, akan dibangun fasilitas –fasilitas yang sering menjadi tujuan persinggahan para pengemudi semasa waktu perjalanan, fasilitas tersebut berupa tempat makan, bengkel, toilet, musholla, minimarket, SPBU dan lain –lain. Perancangan kawasan restarea ini menggunakan konsep sirkulasiyang nyaman dan efisiensi lahan serta ruang, untuk memudahkan dan memberikan rasa nyaman para pengunjung kawasan saat menggunakan fasilitas yang disediakan. Pendekatan dengan konsep Post Modern berfokus pada ciri khas sekitar dalam perancangan dan pengelolaan. Dengan aset dan ciri dari Kota Pasuruan menciptakan rest area yang khas dan nyaman.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Saputra, Dimas WahyuDimaswahyus19@gmail.comH73216060
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHapsari, Oktavi Elokoktagaudielok@gmail.com2004108501
Thesis advisorWidiastuti, Mega Ayundyamegaayundya@uinsby.ac.id2010038701
Subjects: Arsitektur
Keywords: Rest Area; Post Modern; Kota Pasuruan
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: Dimas Wahyu Saputra
Date Deposited: 13 Oct 2022 02:56
Last Modified: 13 Oct 2022 02:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54628

Actions (login required)

View Item View Item