Nilai-nilai pendidikan Islam dalam tembang dolanan Jawa sluku-sluku bathok karya Sunan Kalijaga dan relevansinya dengan pendidikan karakter di Indonesia

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Adytya, Ifan (2022) Nilai-nilai pendidikan Islam dalam tembang dolanan Jawa sluku-sluku bathok karya Sunan Kalijaga dan relevansinya dengan pendidikan karakter di Indonesia. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ifan Adytya_D91217098.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan lebih dari sekadar menyampaikan pengetahuan ilmiah dari guru kepada siswa; Ini juga tentang pengembangan karakter. Ada tiga misi pendidikan dasar: transmisi pengetahuan, transmisi kebudayaan, dan transmisi nilai. Oleh karena itu, pendidikan dapat dianggap sebagai suatu proses pergeseran nilai-nilai dalam sistem penetapan harga dalam semua unsurnya. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menemukan makna dari lirik tembang dolanan sluku-sluku bathok, 2) menemukan nilai-nilai pendidikan Islam dalam tembang dolanan sluku-sluku bathok, 3) mengetahui relevansinya dengan pendidikan karakter di Indonesia. Penelitian ini merupakan library research/penelitian kepustakaan. Sumber data yang didapat dalam penelitian menggunakan metode dokumentasi dengan mencari data yang berkaitan dengan variable-variabel yang baik berupa kata dan frasa. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan semantik atau saintifik yang menggali makna simbol, baik lisan maupun tulisan. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, yakni mencari data yang berkaitan dengan variable-variabel yang baikaberupa kata, frasa, dan pesan tersirat maupun tersurat dari dokumen tertulis dan tidak tertulis. Analisis yang dipakai dalam pelaksanaan penelitian ini yakni analitik semiotik, yang mencakup penempatan teks lagu tembangadolanan jawa Sluku-slukuiBathok pada sistem tanda yang harus dipelajari maknanya.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) makna dalam tembang dolanan Jawa Sluku-sluku bathok meliputi mengingat Allah dengan berzikir, mendekatkan diri kepada Allah, kematian, taubat, asal dan tujuan manusia diciptakan. 2) nilai-nilai pendidikan Islam dalam tembang dolanan Jawa Sluku-sluku bathok meliputi nilai aqidah, nilai syari’ah, dan nilai akhlak. 3) relevansi nilai-nilai pendidikan Islam dalam tembang dolanan Jawa Sluku-sluku bathok dengan pendidikan karakter di Indonesia meliputi: nilai aqidah relevan dengan nilai karakter religius, nilai syariah relevan dengan nilai karakter disiplin, kerja keras, dan tanggung jawab, dan nilai akhlak relevan dengan nilai karakter religius dan toleransi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Adytya, Ifanadytyaifan15@gmail.comD91217098
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJazil, Saifuljazilubna@gmail.com2012126901
Thesis advisorFahmi, Muhammadfahme_yes@yahoo.com2106087701
Subjects: Kebudayaan Jawa
Pendidikan Islam
Keywords: Nilai-nilai pendidikan Islam; Tembang Dolanan; Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ifan Adytya
Date Deposited: 17 Oct 2022 07:17
Last Modified: 17 Oct 2022 07:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54650

Actions (login required)

View Item View Item