Peningkatan citra sekolah melalui penerapan program bahasa di SD Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Cerme Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khuluk, Chusnul (2022) Peningkatan citra sekolah melalui penerapan program bahasa di SD Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Cerme Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Chusnul Khuluk_D73218039.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini melatarbelakangi peneliti untuk melakukan penelitian ini yaitu disebabkan SD YPI Darussalam masih membutuhkan prestasi atau penilaian masyarakat. Sehingga masih perlu adanya peningkatan citra sekolah melalui penerapan program bahasa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan citra sekolah, penerapan program bahasa dan peningkatan citra sekolah melalui penerapan program bahasa di SD YPI Darussalam Cerme Gresik. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, ketua yayasan sebagai informan kunci. Obyek penelitian ini adalah peningkatan citra sekolah melalui penerapan program bahasa. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peningkatan citra sekolah di SD YPI Darussalam dianggap sudah cukup baik. Berbagai program telah diterapkan dan mendapatkan respon positif dari wali murid dan masyarakat. Mampu memberikan manfaat terhadap sekolah. Tetapi, masih banyak kendala yang muncul, sehingga sekolah harus meminimalisir kendala tersebut. Dengan hal ini maka perlu peningkatan citra sekolah. (2) Penerapan program bahasa di SD YPI Darussalam Cerme Gresik telah berjalan dengan baik. Ada 4 macam program bahasa yaitu bahasa Indonesia, bahasa Daerah (Jawa), bahasa Arab dan bahasa Inggris. Dengan adanya penerapan program bahasa membantu siswa untuk berkomunikasi dengan baik di lingkungan sekolah ataupun luar sekolah. (3) Peningkatan citra sekolah di SD YPI Darussalam Cerme Gresik dilakukan dengan cara menerapkan program bahasa karena dengan penerapan program bahasa maka siswa akan mampu berkomunikasi dengan baik sehingga dengan komunikasi yang baik maka muncul penilaian positif dari wali murid dan masyarakat dan program ini berjalan dengan efektif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khuluk, Chusnulkhusnulbengak471@gmail.comD73218039
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMaarif, Samsulsamsul_jombang@yahoo.com2007046401
Thesis advisorHuda, Muhammad Nurilnuril.huda@uinsby.ac.id2027068001
Subjects: Manajemen Pendidikan
Pemasaran
Sastra
Keywords: Citra sekolah; penerapan program bahasa; peningkatan citra sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Chusnul Khuluk
Date Deposited: 26 Oct 2023 05:57
Last Modified: 26 Oct 2023 05:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54651

Actions (login required)

View Item View Item