Pengembangan metode game dan quiz untuk meningkatkan minat belajar dalam pembelajaran pendidikan Agama Islam dan budi pekerti di SMP Negeri 22 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nargies, Rosda Zakia (2022) Pengembangan metode game dan quiz untuk meningkatkan minat belajar dalam pembelajaran pendidikan Agama Islam dan budi pekerti di SMP Negeri 22 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rosda Zakia Nargies_D91218157.pdf

Download (879kB)

Abstract

Pada era new normal dimana proses pembelajaran dilaksanakan secara blended learning yakni sebagian secara daring dan sebagian secara luring. Kondisi tersebut mengakibatkan pergerakan dalam proses pembelajaran sangat terbatas. Dengan adanya masalah tersebut dapat membuat siswa menjadi bingung, serta kurangnya minat belajar yang disebabkan pergerakan yang terbatas. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah metode pembelajaran yang menarik minat siswa dalam pembelajaran yang dapat dilakukan dalam kondisi luring maupun daring. Merujuk pada masalah-masalah diatas dalam penelitian ini peneliti akan membahas mengenai proses pengembangan metode Game dan Quiz, kemudian minat belajar siswa SMP Negeri 22 Surabaya, dan efektivitas penerapan metode Game dan Quiz untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Data yang dikumpulkan ini berasal dari hasil observasi, angket, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan tiga macam responden yakni dua validator ahli metode, tiga guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, dan seratus empat siswa. Dalam penelitian ini terdapat dua macam data yakni, data kulitatif yang dianalisis secara deskripsi kualitatif dan data kuantitatif yang dianalisis kevalidan dan keefektivannya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) proses pengembangan metode Game dan Quiz dilakukan dalam beberapa tahapan yakni pengumpulan data atau informasi, merancang desain, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, dan revisi produk untuk penyempurnaan. (2) minat belajar siswa SMP Negeri 22 Surabaya cukup tinggi dengan nilai rata-rata hasil responden angket 82, akan tetapi proses pembelajarannya masih berpusat pada guru. (3) penerapan metode Game dan Quiz untuk meningkatkan minat belajar siswa terbilang efektif berdasarkan perhitungan kuantitatif rata-rata efektivitas metode belajar lama adalah 84% dan metode belajar baru 86%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nargies, Rosda Zakiarosda10.3.32@gmail.comD91218157
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAssegaf, Abd. Rachmanprofassegaf@gmail.com2012036402
Thesis advisorHunaida, Wiwin Luqnawiwinluqna@uinsby.ac.id2002077402
Subjects: Motivasi Belajar
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Keywords: Metode game dan quiz; minat belajar; pembelajaran pendidikan Agama Islam; budi pekerti
Depositing User: Rosda Zakia Nargies
Date Deposited: 29 Sep 2022 06:59
Last Modified: 29 Sep 2022 06:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54652

Actions (login required)

View Item View Item