Perancangan rumah sakit ibu dan anak dengan pendekatan arsitektur biofilik di Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ishaq, Cesilia Rosane (2022) Perancangan rumah sakit ibu dan anak dengan pendekatan arsitektur biofilik di Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cesilia Rosane Ishaq_H03218006.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kesehatan merupakan aspek penting yang harus diperhatikan dalam kehidupan manusia. Sebagai bagian penting dalam sebuah keluarga, kesehatan ibu dan anak perlu mendapatkan prioritas secara khusus. Penyebab kematian ibu terjadi karena penanganan yang kurang baik dan tepat, adanya faktor tiga terlambat (3T) yaitu terlambat mengenali tanda bahaya, terlambat merujuk, dan terlambat mendapat pelayanan yang optimal. Rumah Sakit Ibu dan Anak merupakan salah satu jenis rumah sakit khusus yang menyediakan pelayanan kesehatan bagi Ibu dan Anak melalui beberapa pendekatan pemeliharaan kesehatan, peningkatan kesehatan (promotif), pencegahan penyakit (preventif), penyembuhan penyakit (kuratif) dan pemulihan kesehatan (rehabilitatif) yang diselenggarakan secara menyeluruh, terpadu dan berkesinambungan. Rumah sakit secara umum harus memiliki lingkungan yang dapat mendorong pemulihan pasien, baik secara fisik maupun mental. Lingkungan yang ideal bagi rumah sakit adalah bersifat healing, artinya lingkungan rumah sakit harus dibentuk agar menciptakan kenyamanan yang berpengaruh positif pada kesehatan pasien. Pada perancangan Rumah Sakit Ibu dan Anak menggunakan pendekatan Biofilik karena dirasa relevan dan dapat memberikan kesan nyaman untuk para pasien di daerah Gresik, serta diharapkan dapat membantu merasakan peningkatan dalam kesehatan mental pasien serta rasa damai karena berada dilingkungan yang asri dan menyatu dengan alam. Fungsi dari biofilik sendiri yaitu dapat mempercepat penyembuhan pasien dengan kehadiran prinsip biofilik selama proses penyembuhan pasien ibu sebelum dan setelah melahirkan dengan menciptakan lingkungan yang bersifat menenangkan melalui hubungan alam pada bangunan rawat inap dan bangunan rawat jalan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ishaq, Cesilia Rosanecellacesilia@gmail.comH03218006
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorErnawati, Ritarita_ernawati@uinsby.ac.id2003088003
Thesis advisorWidiastuti, Mega Ayundyamegaayundya@uinsby.ac.id2010038701
Subjects: Arsitektur
Rumah Sakit
Keywords: Rumah sakit ibu dan anak; pendekatan arsitektur biofilik
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Cesilia Rosane Ishaq
Date Deposited: 04 Oct 2022 03:53
Last Modified: 04 Oct 2022 03:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54675

Actions (login required)

View Item View Item