Pemahaman remaja milenial tentang hadis haid dan istihadhah riwayat Ibnu Majah nomor indeks 620: studi di SMP Cokroaminoto Batang Jawa Tengah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayah, Nailish Shofa (2022) Pemahaman remaja milenial tentang hadis haid dan istihadhah riwayat Ibnu Majah nomor indeks 620: studi di SMP Cokroaminoto Batang Jawa Tengah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nailish Shofa_E95218094.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian yang dilakukan terhadap pemahaman remaja milenial mengenai hadis tentang haid dan istihadhah riwayat Ibnu Ma>jah di SMP Cokroaminoto Batang Jawa Tengah. Penelitian ini bermula dari kurangnya pemahaman para remaja milenial di SMP Cokroaminoto Batang Jawa Tengah dalam belajar memahami perbedaan haid dan istihadhah. Sebagian besar remaja menganggap bahwa darah yang keluar dari liang farji perempuan adalah darah haid tanpa mengetahui serta mencatat kebiasaan siklus haidnya. Bila darah yang keluar diluar siklus kebiasaan waktu haid dinamakan istihadhah, hukum yang berlaku untuk seseorang yang sedang istihadhah adalah wajib menunaikan ibadah. Hal tersebut juga didukung dengan visi sekolah yaitu mewujudkan siswa SMP Cokroaminoto batang yang religius, unggul dalam prestasi, terampil dan mandiri. Dari visi itulah maka seharusnya para siswa terutama remaja putri milenial bisa memahami perbedaan keduanya dan bisa memahami hadis yang dimaksud. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan. Oleh karena itu, sumber data yang akan digunakan dalam penelitian berasal dari literatur bahasa Arab maupun bahasa Indonesia. Tujuan dari penelitian agar mengetahui pemahaman remaja milenial terhadap hadis tentang haid dan istihadhah di SMP Cokoroaminoto Batang Jawa Tengah. Haid dan istihadhah juga sudah dijelaskan dalam hadis namun al-Qur’an tidak menjelaskan secara detail hanya menyinggung kata haid saja. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan kejelasan terkait kualitas hadis Ibnu Ma>jah nomor indeks 620 yaitu mengenai haid dan istihadhah. Para ulama juga memiliki argumen yang berbeda-beda dalam mendefinisikan keduanya. Hasil yang diperoleh dari penelitian bahwa remaja milenial SMP Cokroaminoto Batang Jawa Tengah sebenarnya sudah memahami makna dan hakikat haid. Namun, untuk perbedaan antara haid dan istihadhah memang belum sepenuhnya paham walaupun ada beberapa yang sudah paham. Hal tersebut disebabkan karena lupa mencatat siklus haid dan tidak memahami warna darah yang menjadi dasar pengetahuan. Jika dicermati bersama sebagian besar dari mereka cukup memahami hadis tersebut, sangat membanggakan melihat anak-anak zaman now yang bisa memahami hadis dengan baik. Melihat visi dan misi yang termaktum di sekolah tersebut, tak heran bila murid-muridnya di didik dengan baik. Walaupun dalam memahami istihadhah belum dipahami oleh semuanya tapi sebagian dari mereka sudah mengetahui makna haid dan istihadhah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayah, Nailish Shofashafahafidzah03@gmail.comE95218094
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSucipto, Hadihadi_hz@uinsby.ac.id2010037502
Subjects: Fikih > Fikih Wanita
Hadis
Keywords: Hadis Ibnu Majah; haid dan istihadhah
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Nailish Hidayah
Date Deposited: 03 Oct 2022 07:18
Last Modified: 03 Oct 2022 07:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54692

Actions (login required)

View Item View Item