األغراض السياقية من االستفهام في سورة األنعام (دراسة بالغية)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Thobroni, Imam (2022) األغراض السياقية من االستفهام في سورة األنعام (دراسة بالغية). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Imam Thobroni_A91217111.pdf

Download (2MB)

Abstract

Istifham pada dasarnya digunakan untuk mencari pengetahuan tentang sesuatu yang belum diketahui. Tetapi sering sekali istifham tidak dimaksudkan untuk itu. Melainkan untuk tujuan tertentu berdasarkan konteks yang sedang terjadi. Seperti bertujuan taubikh (penghinaan), amr (perintah), nahi (larangan), dan lain-lain. Oleh karena itu, penulis meneliti tentang tujuan kontekstual dalam skripsi ini. Agar seseorang dapat mengetahui tujuan kontekstual dari istifham yang disampaikan oleh mustafhim kepadanya berdasarkan contoh bentuk-bentuk istifham yang mengandung tujuan kontekstual di dalam penelitian ini. Sehingga dia dapat menanggapi istifham tersebut dengan ucapan atau tindakan yang sesuai. Adapun objek penelitian dari skripsi ini adalah istifham di surat Al-An’am (surat ke-6 dalam Al-Quran). Karena, belum ada penelitian tentang tujuan kontekstual dari istiham di dalam surat tersebut dan banyaknya isi kandungan di dalamnya meliputi bukti-bukti ke-Esa-an Allah, kesempurnaan sifat-sifat-Nya, pembenaran kerasulan Nabi Muhammad, kisah para nabi dan rasul, hari pembalasan, beberapa kenikmatan, serta hukum halal dan haram. Skripsi ini meneliti tentang: (1) Macam-macam istifham dalam surat Al�An’am, dan (2) Tujuan-tujuan kontekstual dari istifham di surat Al-An’am. Dalam pengkajian skripsi ini, digunakan kajian ilmu balaghah, khususnya kalam insya’i thalaby di kajian ilmu ma’ani. Adapun pengertian istifham yaitu pertanyaan yang digunakan untuk mencari pemahaman dan penafsiran terhadap sesuatu yang tidak diketahui oleh orang yang bertanya. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pemerolehan data dilakukan dengan cara okumentasi data-data dalam surat Al�An’am yang merupakan kata dan kalimat istifham. Adapun hasil dari penelitian ini, ditemukan 45 istifham dengan rincian 22 menggunakan Hamzah, 4 Hal, 1 Ma, 8 Man, 5 Kaifa, 1 Aina, 2 Anna, dan 2 Ayyu. Dan ditemukan tujuan kontekstual dari istifham berupa 14 al-inkar, 13 al-taubikh, 3 al-taqrir, 4 al-ta’ajjub, 3 al-‘itab, 1 al-tadzkir, 1 al-tahdlidl, 3 al-tajahul, dan 4 al-tahdid.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Thobroni, Imamaththobarony98@gmail.comA91217111
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRohman, Abdur--198006012005011005
Subjects: Sastra
Bahasa Arab > Tata Bahasa
Keywords: Istifham; makna kontekstual istifham; surat Al-An’am
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Imam Thobroni
Date Deposited: 17 Oct 2022 07:26
Last Modified: 17 Oct 2022 07:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54695

Actions (login required)

View Item View Item