Implementasi media pembelajaran aplikasi discord dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Islamiyah, Fitrotul (2022) Implementasi media pembelajaran aplikasi discord dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fitrotul Islamiyah_D71218070.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas lebih dalam mengenai implementasi aplikasi discord dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Waru Sidoarjo. Fokus utamanya yakni penerapan aplikasi discord dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada peserta didik kelas VIII mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah waka kurikulum, guru PAI kelas VIII, dan perwakilan peserta didik kelas VIII.”Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu metode kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.”Dalam metode analisis datanya dengan langkah-langkah mereduksi data, penyajian data, dan yang terakhir penarikan kesimpulan. Tujuan dalam penelitian ini yaitu”1) untuk mengetahui proses pembelajaran sebelum penggunaan aplikasi discord pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Waru Sidoarjo, 2) untuk mengetahui implementasi aplikasi discord pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 12 Waru Sidoarjo, 3) untuk mengetahui hasil belajar peserta didik kelas VIII dalam implementasi aplikasi discord pada mata pelajaran Pendidikan0AgamapIslam9di SMPN 1 Waru Sidoarjo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi aplikasi discord pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Dalam perencanaannya terdiri dari tiga tahap yakni menyiapkan RPP dan silabus, pendidik mempersiapkan grup kelasnya pada aplikasi discord dan menyiapkan media pembelajaran yang menarik. Dalam pelaksanaannya peserta didik melakukan pembiasaan mengaji pagi kurang lebih 10 menit. Para peserta didik memasuki kelas pada aplikasi discord lalu dalam penyampaian materinya menggunakan media PPT dan video pembelajaran dengan berbagai metode diantaranya metode ceramah, diskusi, tanya jawab, dan problem besed learning. Kemudian evaluasinya terdapat berbagai penilaian seperti penilaian proses, penilaian spiritual dan penilaian pengetahuan.”Hasil belajar peserta didik kelas VIII dalam implementasi aplikasi discord pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam terdapat perubahan yang positif berupa peningkatan nilai rata-rata yang dimiliki kelas dan nilai yang telah diperoleh oleh masing-masing peserta didik. Hal tersebut membuktikan bahwa implementasi aplikasi discord dapat membantu peserta didik untuk meningkatkan hasil belajarnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Islamiyah, Fitrotulfitrotulislamiyah19@gmail.comD71218070
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRubaidi, Rubaidirubaidi@uinsby.ac.id2010067101
Thesis advisorZuhri, Achmad Muhibinamizuhri@uinsby.ac.id2011077202
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Media
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Teknologi > Teknologi Informasi
Keywords: Aplikasi discord; Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: fitrotul islamiyah
Date Deposited: 03 Oct 2022 07:48
Last Modified: 03 Oct 2022 07:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54698

Actions (login required)

View Item View Item