Peran Guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa Broken Home di MINU Wedoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sya'diyah, Emilatus (2022) Peran Guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa Broken Home di MINU Wedoro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Emilatus Sya'diyah_D07218007 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Emilatus Sya'diyah_D07218007 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 March 2027.

Download (4MB)

Abstract

Hasil penelitian bahwa peran guru di MINU Wedoro dalam meningkatkan motivasi belajar siswa broken home diantara peran guru yang dilakukan adalah 1) sebagai pembimbing dengan cara memberikan jam pelajaran tambahan atau les, dan melakukan pengawasan ketika dirumah dengan kerja sama orang tua siswa broken home, melalui via WhatsAap, 2) sebagai motivator dengan cara memberikan nasehat, reward, pada saat proses pembelajaran berlangsung dengan diselingi guru memutarkan video dan bernyanyi bersama, dan memberikan ice breaking sehingga pembelajaran lebih menyenangkan, 3) sebagai evaluator dengan cara melaksanakan evaluasi disetiap akhir pembelajaran untuk mengukur sudah mencapai atau tidaknya tujuan pembelajaran, 4) sebagai konselor dengan cara guru mendekati dan mengajaknya berbicara dari hati ke hati untuk bisa menceritakan masalahnya dan guru membantu memberikan solusi. Adapun siswa yang mengalami motivasi yang rendah sebanyak 3 siswa, 4 siswa dikategorikan sedang diartikan tidak rendah dan tinggi, dan 1 siswa menjadi berprestasi. Motivasi belajar siswa broken home yang tidak memiliki pengaruh dapat mengikuti pembelajaran dengan baik. Namun pada kelas 3 dan 6 mengalami kesulitan membaca dan menulis sehingga merasa malas, dan di kelas 6 siswa broken home selalu aktif, dan berantusias dalam mengikuti pembelajaran sehingga menjadi berprestasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sya'diyah, Emilatusd07218007@uinsby.ac.idd07218007
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMas'ud, Sulthonsulthon.masud@uinsby.ac.id2073091001
Thesis advisorPangastuti, Ratnaratnapangastuti@hotmail.com2003118103
Subjects: Broken Home
Keywords: Peran guru: Motivasi belajar siswa; Broken home
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Emilatus Sya'diyah
Date Deposited: 04 Mar 2024 01:28
Last Modified: 04 Mar 2024 01:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54700

Actions (login required)

View Item View Item