Perancangan kawasan wisata bahari di pesisir pantai Kenjeran Surabaya dengan pendekatan arsitektur metafora kombinasi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pratama, Oktavian Wahyu (2022) Perancangan kawasan wisata bahari di pesisir pantai Kenjeran Surabaya dengan pendekatan arsitektur metafora kombinasi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Oktavian Wahyu P_H03218018.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kawasan wisata memegang peran penting dalam pembangunan nasional. Sekitar 17.508 pulau di Indonesia yang merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dikenal dengan nusantara atau negara maritim. Kawasan wisata adalah salah satu jenis industri baru yang mampu menghasilkan pertumbuhan ekonomi yang cepat dalam penyediaan lapangan kerja, standar hidup serta menstimulasi sektor-sektor produktivitas lainnya. Surabaya berada di tepi Selat Madura sehingga bisa disebut sebagai kota pesisir, Satu-satunya destinasi Wisata Bahari di kota Surabaya adalah pantai Kenjeran yang terletak di bagian timur laut kota Surabaya. Rencana pengembangan induk pariwisata kota Surabaya (BAPPEKO) tahun 2019 juga mencantumkan bahwa wisata yang perlu dikembangkan termasuk wisata unggulan seperti taman hiburan Pantai Kenjeran yang terletak di kecamatan Bulak dan berada di unit pengembangan III Tambak Wedi. Perancangan Kawasan Wisata Bahari ini menggunakan pendeketan arsitektur metafora kombinasi yang dinilai dapat menonjolkan bentuk dari sesuatu yang dapat menjadi daya tarik dari kawasan wisata di Kota Surabaya khususnya daerah pantai kemudian diintegrasikan dengan Al-Qur’an serta diimplementasikan ke dalam desain arsitektural sehingga bisa meningkatkan ketertarikan pengunjung terhadap wisata dikota Surabaya khususnya wilayah pesisir pantai kenjeran Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pratama, Oktavian WahyuOktavianwahyu098@gmail.comH03218018
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorA'yun, Qurrotulqurrotul_ayun@uinsby.ac.id2004108902
Thesis advisorSuriani, Efaefasuriani@gmail.com2024027903
Subjects: Arsitektur
Pariwisata
Keywords: Kawasan Wisata; Bahari; Metafora
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: Oktavian Wahyu
Date Deposited: 04 Oct 2022 02:35
Last Modified: 04 Oct 2022 02:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54708

Actions (login required)

View Item View Item