Studi pengamalan pada organisasi keagamaan di Perumahan Gedungombo Semanding Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Octanti, Nur Eka (2022) Studi pengamalan pada organisasi keagamaan di Perumahan Gedungombo Semanding Tuban. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Eka Octanti_E02218019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Di Indonesia terdapat berbagai kelompok agama, munculnya perbedaan agama pada masyarakat berdampak pada pantangan dalam kehidupan bermasyarakat, akan tetapi setiap agama memiliki peran dalam mengatur pengamalan keagamaan yang berhubungan dengan kebiasaan masing-masing umat. Hal ini sebagaimana peran organisasi keagamaan di perumahan Gedungombo dalam megatur perilaku umat yang berpedoman pada ajarannya untuk menjalankan perintah Tuhan yang berkaitan dengan kesadaran moral seseorang dan hubungan sosial dengan orang lain, sehingga pengamalan kepercayaan sebagai jembatan bagi nilai ketuhanan dan kemuanusiaan yang berpengaruh pada terpeliharanya nilai solidaritas pada masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk memahami dan menjelaskan pengamalan kepercayaan serta implementasi pengamalan kepercayaan pada organisasi keagamaan dalam solidaritas sosial di perumahan Gedungombo Semanding Tuban. Metode penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisis data, penulis menggunakan teknik analisis induktif, data sepesifik lapangan dibagi menjadi unit-unit kemudian dikategorikan dengan teknik validasi data triangulasi. Hasil dari penelitian implementasi pengamalan organisasi keagamaa di perumahan Gedungombo Semanding Tuban sesuai dengan ajaran yang berpedoman pada kitab suci sehingga prilaku yang terkadung dalam pengamalan keagamaan tersebut dapat dibedakan antara solidaritas mekanik dengan organik, seperti halnya dalam ibadah sholat harus sama dan ibadah puasa memiliki perasaan yang sama dengan kelompoknya, pelaksanaan ibadah sedekah yang memiliki hubungan saling ketergantungan dan kajian firman memiliki pembagian kerja yang kuat untuk menciptakan solidaritas dengan masyarakat berlainan agama di perumahan Gedungombo Semanding Tuban.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Octanti, Nur Ekae02218019@uinsby.ac.idE02218019
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRosyidah, Feryaniferyani66@gmail.com2008026901
Subjects: Agama
Keywords: Organisasi Keagamaan; Implementasi Pengamalan keagamaan; Solidaritas Sosial
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Nur Eka Octanti
Date Deposited: 02 Nov 2022 03:31
Last Modified: 12 Mar 2024 21:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54720

Actions (login required)

View Item View Item