Kepemimpinan kepala madrasah dalam membina sumber daya manusia di Madrasah Diniyah Hidayatul Mutholibin dan Madrasah Diniyah Baabussalaam Blitar

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maulida, Zumrotul (2022) Kepemimpinan kepala madrasah dalam membina sumber daya manusia di Madrasah Diniyah Hidayatul Mutholibin dan Madrasah Diniyah Baabussalaam Blitar. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zumrotul Maulida_D93218115.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujan untuk menjawab focus penelitian mengenai kepemimpinan kepala madrasah, sumber daya manusia di madrasah diniyah, kepemimpinan kepala madrasah dalam membina sumber daya manusia, dan faktor pendukung dan faktor penghambat kepemimpinan kepala madrasah dalam membina sumber daya manusia. Penelitian ini berlokasi di Madrasah Diniyah Hidayatul Mutholibin dan Madrasah Diniyah Baabussalaam Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi multisitus. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tipe kepemimpinan di Madrasah Diniyah Hidayatul Mutholibin dan Madrasah Diniyah Baabussalaam Blitar ini bertipe demokratis. Di kedua Madrasah Diniyah ini fungsi manajerial kepala madrasah sudah diterapkan yakni fungsi perencanaan dan pengorganisasian. Pembinaan sumber daya manusia di Madrasah Diniyah Hidayatul Mutholibin dan Madrasah Dinyah Baabussalaam Blitar ini berupa proses evaluasi, pemberian pelatihan, dan pemberian motivasi kepada sumber daya manusia. Peran kepemimpinan kepala madrasah dalam membina sumber daya manusia di Madrasah Diniyah Hidayatul Mutholibin dan Madrasah Diniyah Baabussalam Blitar ini berperan sebagai educator dalam memberikan pengetahuan mengenai pelatihan, sebagai manajer dalam pengelolaan sumber daya manusia, sebagai leader dalam memimpin kegiatan evaluasi, dan juga sebagai motivator yang memberikan semangat kepada bawahannya. Faktor pendukung dalam kepemimpinan kepala madrasah dalam membina sumber daya manusia di Madrasah Diniyah Hidayatul Mutholibin dan Madrasah Diniyah Baabussalaam Blitar ini adalah adanya kemudahan koordinasi dengan sumber daya manusia dan mereka mau menerima perubahan. Untuk faktor penghambat pada kepemimpinan kepala madrasah dalam membina sumber daya manusia adalah status dari lembaga ini merupakan non-formal sehingga tidak bisa di tekan, serta adanya perasaan segan, hormat dan tawadhu terhadap guru yang lebih sepuh.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maulida, Zumrotulzumrotulmaulida00@gmail.comD93218115
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBawani, Imam--2012085201
Thesis advisorMansyuri, Arifmansyuri@uinsby.ac.id0730037901
Subjects: Kepala Sekolah
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Manajemen
Sumber Daya Manusia
Kepemimpinan
Keywords: kepemimpinan; kepala madrasah; sumber daya manusia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Zumrotul Maulida
Date Deposited: 19 Oct 2022 07:58
Last Modified: 19 Oct 2022 07:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54749

Actions (login required)

View Item View Item