Efektivitas penambahan bahan pelindung alami pada Spodoptera litura Nucleopolyhedrosis Virus (SINPV) dari sinar ultraviolet

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Solikhah, Intan Maratus (2022) Efektivitas penambahan bahan pelindung alami pada Spodoptera litura Nucleopolyhedrosis Virus (SINPV) dari sinar ultraviolet. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Intan Maratus Solikhah_H71218023.pdf

Download (1MB)

Abstract

Hama Spodoptera litura merupakan hama yang memiliki serangan yang luas. Pengendalian hama S.litura selama ini masih menggunakan insektisida kimia. Insektisida kimia memiliki dampak yang buruk bagi keseimbangan lingkungan, sehingga perlu mencari alternatif lain yaitu dengan memafaatkan musuh alami. Musuh alami yang digunakan adalah virus entomopatogen Spodoptera litura Nucleo Polyhedrosis Virus (SINPV), akan tetapi keefektifannya dapat berkurang karena terpapar sinar ultraviolet. Keefektivan virus dapat dipertahankan dengan adanya penambaan bahan pelindung alami pada SINPV.Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efektivitas penambahan bahan pelindung alami dari filtrat umbi bengkuang dan lidah buaya pada SINPV. Penelitian ini dilakukan di Balai Besar Perbenihan Proteksi Tanaman Perkebunan (BBPPTP) Surabaya. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 8 perlakuan dengan 3 kali ulangan, sehingga diperoleh unit 27 percobaan. Setiap unit percobaan menggunakan 10 ekor larva instar 3. Setiap unit percobaan terdiri dari SINPV + filtrat umbi bengkuang 5%, 7,5%,10 %., SINPV + filtrat lidah buaya 5%,7,5%,10% dan kombinasi SINPV + filtrat umbi bengkuang 10% dan lidah buaya 10% Metode pengaplikasian menggunakan metode dipping atau celup pakan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan adanya perlakuan penambahan bahan pelindung dapat mempertahankan ketahanan virus dari paparan sinar UV. Perlakuan kombinasi filtrat umbi bengkuang dan lidah buaya memberikan hasil terbaik yaitu presentase mortalitas sebesar 100%. Berdasarkan uji statistik dari setiap perlakuan tidak menunjukkan pengaruh atau tidak berbeda nyata, akan tetapi berdasarkan nilai standart lapang, nilai presentase mortalitas dari setiap perlakuan diatas nilai standart lapang yaitu 70-80%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Solikhah, Intan Maratusintanmara@gmail.comH71218023
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAgustina, Evaeva_agustina@uinsby.ac.id2030088901
Thesis advisorJariyah, Ita Ainunita.ainun@uinsby.ac.id0705128601
Subjects: Biologi
Ekologi
Keywords: Spodoptera litura; SINPV; UV Protektan; Umbi Bengkuang (Pachyrizus erosus); Lidah Buaya (Aloe vera)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: intan maratus
Date Deposited: 21 Oct 2022 01:23
Last Modified: 21 Oct 2022 01:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54751

Actions (login required)

View Item View Item