Konsep barakah dalam tafsir Indonesia: telaah komparatif Tafsir Al-Azhar dan Marah Labid

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Robbi, Mochammad Asep (2022) Konsep barakah dalam tafsir Indonesia: telaah komparatif Tafsir Al-Azhar dan Marah Labid. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moch. Asep Robbi_E93218111.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas dasar adanya miskonsepsi diantara masyarakat Indonesia mengenai makna barakah. Barakah difahami oleh masyarakat Indonesia dengan berbagai macam makna sehingga menimbulkan kebingungan dari keberagaman makna tersebut, namun alquran sebagai petunjuk hidup manusia telah ditakdirkan oleh Allah menjadi kitab yang penuh barakah oleh karena itu akan sangat menarik apabila konsep barakah difahami melalui alquran itu sendiri. Maka penelitian ini dilakukan dengan cara menelisik tafsir- tafsir yang menjelaskan ayat-ayat tentang barakah, dan akan lebih tepat sasaran apabila tafsir yang digunakan dalam penelitian ini adalah tafsir-tafsir yang merupakan karya para mufassir asal Indonesia, diantaranya yaitu Tafsir Al-Azhar karya Hamka dan Marah Labid atau Al-Munir karya Syekh Nawawi Al-Bantani. Permasalahan yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana penafsiran barakah dalam Tafsir al-Azhar, 2) Bagaimana penafsiran barakah dalam Marah Labid, 3) Bagaimana persamaan serta perbedaan penafsiran barakah dalam Tafsir al-Azhar dan Marah Labid. Adapun tujuan penelitian ini adalah mengetahui penafsiran ayat-ayat alquran tentang barakah dalam Tafsir al-Azhar dan Marah Labid serta memahami persamaan dan perbedaan dalam kedua kitab tafsir tersebut. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian yang bersifat kepustakaan (ibrary research) ini dilakukan menggunakan metode deskriptif dan komparatif atau maudhu’I muqaran, yaitu dengan menghimpun ayat-ayat terkait barakah dalam alquran kemudian mendeskrisikan penafsiran ayat-ayat terkait barakah dalam Tafsir al-Azhar dan Marah Labid dan membandingkan persamaan serta perbedaan pada kedua tafsir tersebut. Kedua karya tafsir tersebut sama-sama menilai barakah sebagai suatu kebaikan yang teranugerahkan dari Allah swt. Namun bentuk keduanya saling berbeda, dalam kitab Tafsir al-Azhar barakah dimaknai sebagai keberuntungan, akan tetapi dalam kitab Marah Labid barakah difahami sebagai kemanfaatan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Robbi, Mochammad Asepasepbutax18@gmail.comE93218111
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUmar, Athoillahdakatir@live.com2014097902
Subjects: Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Keywords: Barakah; Al-Qur’an; Komparasi; Tafsir Indonesia
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Mochammad Asep Robbi
Date Deposited: 24 Oct 2022 03:49
Last Modified: 24 Oct 2022 03:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54754

Actions (login required)

View Item View Item