Analisis yuridis terhadap pemenuhan hak anak yang berprofesi sebagai penyanyi: studi kasus penyanyi cilik desa Gemulung Kecamatan Kerek kabupaten Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muta'alimin, Miftahul (2022) Analisis yuridis terhadap pemenuhan hak anak yang berprofesi sebagai penyanyi: studi kasus penyanyi cilik desa Gemulung Kecamatan Kerek kabupaten Tuban. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Miftahul Muta'alimin_C01218015.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjenis penelitian lapangan (field research) dengan metode penelitian kualitatif. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan Normative, sifat penelitian menggunakan diskriptif analisis dan pola pikir deduktif. Data yang dikumpulkan berdasarkan sumber primer dan sekunder dan validitas data menggunakan teknik tringulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwasanya pemenuhan hak anak kurang maksimal, masih ada beberapa pemenuhan hak yang kurang baik dalam prosesinya. Banyaknya job atau undangan mengakibatkan pengabaian waktu sehingga menjadikan hak secara optimal kurang didapat oleh anak dalam arti masih ada ekploitasi terhadap anak. Seperti contoh pemenuhan hak dasar pada anak, meskipun masih mendapat hak pendidikan dalam arti tidak sampai putus sekolah, namun anak masih minim mendapat hak belajar. Begitupun hak memanfaatkan waktu luang seperti istirahat dan bermain, hak tesebut masih di terima namun masih dalam kategori minim. Hak perlindungan melakukan pengembangan bakat yang masuk dalam kategori dunia kerja yang dilakukan oleh orangtua juga kurang, masih ada beberapa bentuk eksploitasi. Seperti contoh pekerjaan yang melebihi batas ketentuan, dilakukan waktu sekolah, terkadang dilakukan malam hari dan lain sebagainya. Secara yuridis praktik pemenuhan hak anak tidak sesuai undang-undang yang berlaku pasalnya ada beberpa ketentuan yang diabaikan dan tidak sesuai dengan aturan. Secara nyata pada yuridis kewajiban orangtua adanya pemenuhan hak anak yang kurang memadai menjukkan orangtua kurang baik dalam pemeliharaan.
Sejalan dengan kesimpulan diatas perlunya orangtua untuk mengoptimalisasi sebuah pemenuhan hak agar terciptanya sebuah keseimbangan antara eksplorasi bakat dengan hak selayaknya yang didapat terhadap sang anak agar tidak terjadi ekploitasi terhadap anak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muta'alimin, Miftahulglempo1933@gmail.comC01218015
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorGhufron, Muhammad.GHUFRON242@GMAIL.COM197602242001121003
Subjects: Hak Asasi Manusia
Keywords: Yuridis Pemenuhan Hak Anak; penyanyi cilik
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Miftahul Muta'alimin
Date Deposited: 12 Apr 2023 12:42
Last Modified: 12 Apr 2023 12:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54769

Actions (login required)

View Item View Item