Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam film kartun islami Alif Alya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hikmah, Nabila Hilyatul (2022) Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam film kartun islami Alif Alya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nabila Hilyatul Hikmah_D01218037.pdf

Download (2MB)

Abstract

Nilai pendidikan akhlak merupakan aspek yang sangat penting bagi diri manusia ketika menjalani kehidupan ini. Dan merupakan hal pertama yang harus diperkenalkan kepada anak sebelum ilmu-ilmu lainnya. Dengan demikian harus adanya keseimbangan dalam pendidikan akhlak baik di lingkungan keluarga maupun sekolah. Sesuai dengan perkembangan zaman, maka pendidik dan orang tua harus mampu menggunakan media yang menarik juga dalam menyajikan pendidikan akhlak. Sehingga selain media teks dapat menggunakan media audio-visual atau bisa juga dengan film. Film dapat digunakan sebagai media untuk menyampaikan pesan pendidikan. Film yang sesuai dengan dunia anak-anak yaitu film kartun. Akan tetapi jika ingin menyerap pesan tentang pendidikan akhlak, tentunya harus memilih dan menyeleksi film kartun yang baik dan bernuansa Islami. Salah satu film kartun yang menuangkan akan pesan pendidikan akhlak yaitu film kartun Islami “Alif Alya”. Dengan film kartun yang bernuansa Islami ini mendorong penulis untuk meneliti dengan menelaah dan menganalisis nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam film tersebut. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan niali-nilai pendidikan akhlak yang terdapat dalam film kartun Islami Alif Alya. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Peneliti mencoba memahami makna dari suatu kejadian berupa kata-kata tertulis bukan angka. Tehnik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian menunnjukkan bahwa terdapat nilai-nilai pendidikan akhlak dalam film kartun Islami Alif Alya yaitu pertama, nilai pendidikan akhlak terhadap Allah swt diantaranya menjalankan ibadah shalat, menjalankan ibadah puasa, menunaikan zakat, berdo’a, bersyukur, beristighfar, mengucapkan basmalah dan mengucapkan innalillahi. Kedua nilai pendidikan akhlak kepada manusia terbagi menjadi beberapa bagian meliputi akhlak terhadap diri sendiri yaitu mengajarkan ilmu, akhlak terhadap orang tua yaitu perkataan yang sopan dan perbuatan yang baik, akhlak terhadap sesama muslim yaitu mengucapkan salam ketika berjumpa dan masuk rumah serta menjawab salam, menasehati, akhlak terhadap sesama manusia yaitu meminta maaf dan memaafkan, serta memberi. Ketiga, nilai pendidikan akhlak kepada lingkungan yaitu menjaga kebersihan kamar tidur.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hikmah, Nabila Hilyatulnabilahilyatulhikmah@gmail.comD01218037
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTolchah, Mochmochtolchah@yahoo.com2005035301
Thesis advisorChanna AW, Liliek Channa AW.liliekchanna@uinsby.ac.id2018126701
Subjects: Pendidikan
Keywords: Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak; Film Kartun Islami Alif Alya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nabila Hilyatul Hikmah
Date Deposited: 24 Oct 2022 04:07
Last Modified: 24 Oct 2022 04:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54776

Actions (login required)

View Item View Item