Kolaborasi guru pendidikan agama islam dan madrasah diniyah dalam meningkatkan kompetensi keagamaan siswa di SMPN 3 Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Adibah, Dawi Farah (2022) Kolaborasi guru pendidikan agama islam dan madrasah diniyah dalam meningkatkan kompetensi keagamaan siswa di SMPN 3 Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dawi Farah Adibah_D91218127.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kompetensi keagamaan merupakan suatu persiapan dalam menuntun peserta didik menjadi anggota masyarakat yang paham akan nilai-nilai keagamaan serta mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji beberapa masalah yaitu (1) mengetahui faktor yang melatarbelakangi adanya kolaborasi guru PAI dan Madindalam meningkatkan kompetensi keagamaan siswa di SMPN 3 Jombang (2) bentuk kolaborasi guru PAI dan Madin dalam meningkatkan kompetensi kegamaan siswa di SMP Negeri 3 Jombang (3) hasil dari kolaborasi guru PAI dan Madin dalam kompetensi kegamaan siswa di SMP Negeri 3 Jombang.Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan berasal dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yakni kondensasi data, menyajikan data dan verifikasi data. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat tiga faktor yang melatarbelakangi adanya kolaborasi guru PAI dan Madin, yaitu: peraturan dari bupati Kabupaten Jombang tentang kurikulum muatan lokal keagamaan dan pendidikan diniyah”, memaksimalkan pendalaman siswa dalam bidang keagamaan, dan adanya peringatan PHBN di tingkat Kabupaten Jombang. (2) Bentuk Kolaborasi antara guru PAI dan Madin dalam bidang akademik ialah pendidik saling membantu dalam pembuatan media pembelajaran. Sedangkan dalam bidang non akademik seperti ngaji pagi, istighotsah, sholat berjamaah, kegiatan ramadhan, pengembangan minat bakat siswa, serta pelaksanaan hari raya Idul Adha. (3) Adapun hasil dari kolaborasi ini ialah siswa menjadi terbiasa melakukan kegiatan keagamaan, siswa memiliki presasi akademik dan non akademik, pemahaman siswa terkait materi keagamaan meningkat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Adibah, Dawi Farahfarah.jbg@gmail.comD91218127
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFaizin, Mohfaizin-ahwan@yahoo.com2015087202
Thesis advisorFahmi, Muhammadfahme_yes@yahoo.com2106087701
Subjects: Belajar
Pendidikan Islam
Keywords: Kompetensi Keagamaan; Kolaborasi; Guru PAI; Guru Madin
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dawi Farah Adibah
Date Deposited: 26 Oct 2022 02:17
Last Modified: 26 Oct 2022 02:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54789

Actions (login required)

View Item View Item