Implementasi manajemen kearsipan dalam meningkatkan administrasi sekolah di SMP Yayasan Pondok Pesantren Nurul Huda

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohma, Siti (2022) Implementasi manajemen kearsipan dalam meningkatkan administrasi sekolah di SMP Yayasan Pondok Pesantren Nurul Huda. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Rohma_D73218068 ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini mengangkat judul Implementasi Manajemen Kearsipan dalam Meningkatkan Administrasi Sekolah di SMP YPP Nurul Huda Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari implementasi manajemen kearsipan, yang meliputi penciptaan, pengurusan, penggunaan, pemeliharaan serta disposisi akhir yang akan dijadikan pedoman dalam pengambilan keputusan. Salah satu alasan pentingnya mengetahui manajemen kearsipan sekolah adalah untuk meningkatkan ketertiban administrasi sekolah, karena manajemen kearsipan berfungsi untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi ketertiban administrasi sekolah. Penelitian ini, menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk pengumpulan data. Informan pada penelitian ini ialah Kepala Sekolah, Kepala Tata Usaha, Pengawai Tata Usaha bagian kearsipan dan guru yang mengurus tentang kesiswaan. Hasil penelitian adalah sebegai berikut: 1) Implementasi Manajemen Kearsipan sangat penting bagi lembaga pendidikan, sehingga proses pengelolaan arsip di SMP YPP Nurul Huda Simokerto Surabaya dilaksanakan melalui 5 tahap: Tahap Penciptaan, Tahap Pengurusan, Tahap Penggunaan, Tahap Pemeliharaan dan Tahap Pemusnahan. 2) Meningkatkan Administrasi Sekolah di SMP YPP Nurul Huda Simokerto Surabaya. 3) Implementasi Manajemen Kearsipan dalam Meningkatkan ketertiban administrasi sekolah di SMP YPP Nurul Huda Simokerto Surabaya, dengan adanya penerapan menejemen kearsipan, pihak sekolah mudah mendapatkan data atau arsip yang diinginkan melalui tata usaha. Sehingga dapat meningkatkan administrasi sekolah dengan mudah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohma, Sitisiti.rohmaaa20@gmail.comD73218068
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuriyah, Liliklilikhuriyah@gmail.com2010028001
Thesis advisorFitriatin, Nurnurfitriatin@gmail.com2012016701
Subjects: Manajemen
Keywords: Manajemen kearsipan; meningkatkan administrasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Siti Rohma
Date Deposited: 09 Sep 2022 03:42
Last Modified: 09 Sep 2022 03:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54799

Actions (login required)

View Item View Item