Manajemen kurikulum muatan lokal berbasis pesantren di Madrasah Aliyah Al Islam Nganjuk

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ningrum, Ayu Mardiana Dewi Puspita (2022) Manajemen kurikulum muatan lokal berbasis pesantren di Madrasah Aliyah Al Islam Nganjuk. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ayu Mardiana Dewi Puspita Ningrum_D93217088 ok.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang manajemen kurikulum muatan lokal berbasis pesantren di Madrasahh aliyah al-islam nganjuk. Penelitian ini fokus pada manajemen kurikulum muatan lokal yang ada di madrasah aliyah al-islam , faktor penghambat dan pendukung serta dampak dari penerapan manajemen kurikulum muatan lokal berbasis pesantren tersebut bagi peserta didik. Hasil dari penelitian ini adalah Manajemen kurikulum muatan local di MA Al-Islam teridiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan evaluasi. Dalam tahap perencanaan madrasah Menyusun tim khusus penanggung jawan kurikulum muatan local, penentuan materi muatan local, kriteria tenaga pendidik, dan detail pelaksanaan serta tolok ukur keberhasilan. Selanjutnya pada tahap pelaksanaan kurikulum muatan local tidak memiliki perbedaan yang besar dari kurikulum madrasah, yang membedakan hanyalah materi di kurikulum muatan local tidak diujikan dalam ujian madrasah. Kemudian dalam tahap pengawasan kepala madrasah melakukan pengawasan dengan cara checking terhadap profil tenaga pendidik muatan local dan pengawasan secara langsung terhadap peserta didik untuk melihat tindakan dan tingkah laku siswa. Terakhir tahap evaluasi, madrasah melakukan rapat evaluasi selama sekali dalam satu minggu bahkan juga bisa dua kali, uuntuk evaluasi pada siswa madrasah melakukan penilaian dalam raport terhadap tindakan dan tingkah laku siswa di madrasah sehari-hari.Faktor penghambat manajemen kurikulum muatan local adalah dari latar belakang siswa yang tidak berasal dari alumni pondok pesantren maupun madrasah, dan jumlah tenaga pendidik muatan local yang terbaatas sehingga madrasah harus mencari pengganti jika ada salah seorang guru yang berhalangan hadirFaktor pendukung dari manajemen kurikulum muatan local berbasis pesantren MA Al-Islam Nganjuk adalah mayoritas siswanya yang berlatar belakang santri dan lingkungan madrasah yang berada dalam wilayah pondok pesantren.Dampak yang dihasilkan dari manajemen kurikulum muatan local adalah siswa lebih bersemangat dalam belajar, kondisi madrasah yang nyaman dan damai karena seluruh warga madrasah saling menghargai dan menghormati serta penurunan tingkat pelanggaran siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ningrum, Ayu Mardiana Dewi Puspitaayumardianadewi@gmail.comD93217088
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAsrohah, Hanunasrohah@yahoo.com2010046801
Thesis advisorMustofa, Alialimustofa@uinsby.ac.id2025127601
Subjects: Kurikulum
Manajemen
Pesantren
Keywords: Manajemen kurikulum; muatan lokal; pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ayu Mardiana Dewi Puspita Ningrum
Date Deposited: 09 Sep 2022 02:57
Last Modified: 09 Sep 2022 02:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54812

Actions (login required)

View Item View Item