Strategi Islamic Entrepreneurship Berbasis Masjid dalam pemberdayaan masyarakat: studi kasus di Masjid Al Mukhlasin Pasuruan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohman, Muhammad Fatkhur (2022) Strategi Islamic Entrepreneurship Berbasis Masjid dalam pemberdayaan masyarakat: studi kasus di Masjid Al Mukhlasin Pasuruan. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Fatkhur Rohman_F12418172 ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan penelitian lapangan (field research). Lokasi penelitian bertempat di Masjid Al-Mukhlasin Sukorejo Pasuruan. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian menguji validasi data dengan mengkomparasikan hasil wawancara dan observasi. Data yang dihasilkan dianalisis dengan beberapa tahapan, yaitu penyederhanaan data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Strategi pengembangan Islamic entrepreneurship di Masjid Al-Mukhlasin menggunakan dua jenis fundraising yaitu direct fundraising dan indirect fundraising. Model pengembangan Islamic Entrepereneurship di Masjid Al-Mukhlasin berupa pembangun unit-unit usaha yang dikelola langsung oleh pihak pengurus atau ta’mir masjid. Hasil kegiatan Pengembangan Islamic Entrepreneurship di Masjid Al-Mukhlasin berupa kegiatan di bidang sosial dan ekonomi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa inovasi yang dilakukan pihak takmir masjid beserta jajarannya melalui pengembangan Islamic entreprenership yaitu dengan menyediakan unit-unit usaha yang bermanfaat bagi masyarakat. Inovasi yang dilakukan takmir masjid ini bekerja sama dengan organisasi besar Nahdlatul Ulama, jadi pengembangan islamic entrepenurship ini didukung sepenuhnya oleh Nahdlatul Ulama.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohman, Muhammad Fatkhurrajabandeng26@gmail.comF12418172
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFauzia, Ika YuniaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorRahmawati, LilikLilik_Elrahma@yahoo.com198106062009012008
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Strategi pengembangan; Islamic entrepreneurship; fundraising
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Muhammad Fatkhurrohman
Date Deposited: 09 Aug 2022 02:15
Last Modified: 09 Sep 2022 03:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54814

Actions (login required)

View Item View Item