Peran kepala sekolah dalam pengembangan program kewirausahaan di SMA Sunan Giri Menganti Gresik dan SMA Muhammadiyah 8 Cerme Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Regiyanti, Rizka Dwi (2022) Peran kepala sekolah dalam pengembangan program kewirausahaan di SMA Sunan Giri Menganti Gresik dan SMA Muhammadiyah 8 Cerme Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rizka Dwi Regiyanti_D93218103 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Peran Kepala Sekolah dalam Pengembangan Program Kewirausahaan di SMA Sunan Giri Menganti Gresik dan SMA Muhammadiyah 8 Cerme Gresik. Tujuan penelitian ini untuk menjawab fokus penelitian mengenai Peran Kepala Sekolah di SMA Sunan Giri Menganti Gresik dan SMA Muhammadiyah 8 Cerme Gresik, Pengembangan Program Kewirausahaan di SMA Sunan Giri Menganti Gresik dan SMA Muhammadiyah 8 Cerme Gresik, Peran Kepala Sekolah dalam Pengembangan Program Kewirausahaan di SMA Sunan Giri Menganti Gresik dan SMA Muhammadiyah 8 Cerme Gresik serta Faktor Penghambat dan Faktor Pendukung Program Kewirausahaan di SMA Sunan Giri Menganti Gresik dan SMA Muhammadiyah 8 Cerme Gresik. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Informan pada penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Guru Kewirausahaan Desain Batik, Guru Kewirausahaan Tata Busana, Guru Kewirausahaan Tata Boga, Guru Kewirausahaan Tata Rias dan Siswa. Metode yang digunakan yakni wawancara, observasi dan dokumentasi. Peneliti melakukan analisis dan interpretasi data serta menguji keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) Kepala sekolah di SMA Sunan Giri maupun SMA Muhammadiyah 8 telah menjalankan perannya sebagai kepala sekolah sesuai dengan teori Mulyasa. (2) Pengembangan program kewirausahaan di SMA Sunan Giri melalui kegiatan desain batik, tata busana, tata boga sedangkan di SMA Muhammadiyah melalui kegiatan tata boga dan tata rias. (3) Peran kepala sekolah dalam pengembangan program kewirausahaan di SMA Sunan Giri sebagai motivator, supervisor, manajer, dan innovator. Sedangkan kepala sekolah di SMA Muhammadiyah 8 Cerme dalam pengembangan program kewirausahaan berperan sebagai leader, motivator, innovator, supervisor. (4) Faktor pendukung program kewirausahaan di SMA Sunan Giri Menganti meliputi dukungan dari semua sumber daya manusia yang ada di sekolah, dana yang mencukupi, sarana dan prasarana yang memadai, adanya mitra dalam memasarkan produk serta adanya target pasar. Faktor penghambatnya meliputi suasana hati siswa yang berubah-ubah serta jadwal yang berbenturan dengan kegaitan lain. Sedangkan faktor pendukung di SMA Muhammadiyah 8 Cerme meliputi dukungan dari steakeholder sekolah, sarana prasarana, kerja sama dengan koperasi sekolah serta adanya target pasar. Faktor penghambatnya waktu/jadwal, mood siswa dan rendahnya minat siswa dalam program kewirausahaan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Regiyanti, Rizka Dwirizkadwiregiyanti@gmail.comD93218103
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukhlishah AM, Mukhlishah AMmukhlishah.bki@gmail.com2005056801
Thesis advisorSholihah, Ni'matusnickssholihah@yahoo.com2002087303
Subjects: Kepala Sekolah
Kepemimpinan
Keywords: Peran kepala sekolah; pengembangan program kewirausahaan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: RIZKA DWI REGIYANTI
Date Deposited: 09 Sep 2022 06:38
Last Modified: 09 Sep 2022 06:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54816

Actions (login required)

View Item View Item