Video interaktif dalam pembelajaran Bahasa Inggris pada masa pandemi covid 19 di MI Mambaul Hidayah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fauziyah, Nina (2022) Video interaktif dalam pembelajaran Bahasa Inggris pada masa pandemi covid 19 di MI Mambaul Hidayah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nina Fauziyah_D97217064.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini yakni mengenai pembelajaran bahasa Inggris yang memiliki tingkat kesulitan cukup tinggi bagi siswa-siswi di Madrasah Ibtida’iyah. Untuk membantu jalannya pembelajaran yang dilakukan secara daring dibutuhkan suatu media pembelajaran melalui youtube. Dalam hal ini peneliti melakukan wawancara dengan guru, orang tua serta siswa, agar pembelajaran berlangsung secara optimal dilakukan kerja sama yang baik diantara ketiganya. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yakni 1) Bagaimanakah penggunaan video interaktif dalam pembelajaran bahasa Inggris di masa pandemi Covid 19 siswa kelas II MI Mambauk Hidayah Mojokerto? 2) Apa saja kelebihan dan kekurangan video interaktif dalam pembelajaran bahasa Inggris di masa pandemi Covid 19 pada siswa kelas II MI Mambaul Hidayah Mojokerto? Metodologi penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan bentuk penjabaran data yang dilakukan dalam bentuk deskriptif kualitatif. Dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Penggunaan video interaktif yang diterapkan pada siswa kelas II MI Mambaul Hidayah dilakukan dengan kerja sama antara guru, orang tua dan siswa. Melalui penggunaan video interaktif menimbulkan motivasi dan menumbuhkan minat untuk belajar bagi anak-anak. Melalui video interaktif tersebut siswa menjadi sangat antusias dalam pengumpulan tugas. Hal ini terlihat dari ketepatan waktu ketika mengumpulkan tugas 2) Kelebihan dan kekurangan. Kelebihan pada video interaktif dapat memberikan pesan yang dapat diterima lebih merata oleh siswa, video sangatlah bagus dalam menerangkan suatu proses, menyajikan materi secara lebih realistis, mampu mengatasi keterbatasan ruang dan waktu, dapat diulang atau dihentikan sesuai kebutuhan. Video interaktif bisa digunakan dimana saja, kapan saja. Video interaktif ini dapat digunakan secara individu maupun berkelompok. Kekurangan video interaktif adalah membutuhkan internet yang memadai serta dibutuhkan kerjasama yang baik antara orang tua dan siswa. Jika kedua faktor tersebut tidak dipenuhi maka kegiatan pembelajaran bahasa Inggris tidak dapat terlaksana.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fauziyah, Ninaninafauziyah99@gmail.comD97217064
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMas’ud, Sulthonsulthon.mashud@uinsby.ac.id2073091001
Thesis advisorMusthofa, M. Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Subjects: Bahasa Inggris
Pendidikan
Keywords: Video interaktif; Pembelajaran Bahasa Inggris; Pandemi covid 19
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: NINA FAUZIYAH
Date Deposited: 24 Oct 2022 07:41
Last Modified: 24 Oct 2022 07:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54822

Actions (login required)

View Item View Item