Perancangan Aquarium dan Oceanarium di Surabaya dengan pendekatan arsitektur Biomorfik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Najihan, M. Alfani (2022) Perancangan Aquarium dan Oceanarium di Surabaya dengan pendekatan arsitektur Biomorfik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M Alfani Najihan_H93218064.pdf

Download (7MB)

Abstract

Diperkirakan 8500 spesies ikan hidup di perairan Indonesia, sebanyak 1300 spesies dari jumlah tersebut menempati perairan air tawar. Besarnya potensi sumber daya laut yang dimiliki Indonesia saat ini, sangat potensial untuk dikembangkan dalam sektor pariwisata laut. Seperti halnya wisata bahari, yang sudah cukup banyak terdapat di Indonesia, berbeda dengan aquarium dan oceanarium yang cukup jarang ada di Indonesia, adapun juga masih tergabung dengan wisata lain sehingga bisa dinilai kurang lengkap. Kota Surabaya menjadi salah satu tempat yang relevan, karena Surabaya merupakan daerah pesisir dan memiliki kunjungan wisata yang cukup ramai, serta menjadi rencana Perda Surabaya tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Surabaya Tahun 2014-2034. Perancangan aquarium dan oceanarium ini menggunakan pendekatan arsitektur biomorfik yang dinilai cukup kompeten untuk mengatasi masalah fasad bangunan yang kurang unik dan juga bisa menjaga lingkungan sekitar dan juga berkaca pada alam kemudian diintegrasikan dengan Al-Qur’an serta diimplementasikan kedalam desain arsitektual. Dengan demikian konsep perancangan ini dapat menggabungkan antara kegiatan rekreasi dan juga edukasi yang tetap menjaga lingkungan sekitar, sehingga bisa meningkatkan ketertarikan pengunjung untuk berkunjung ke aquarium dan oceanarium.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Najihan, M. Alfanimuhammadalfani11@gmail.comH93218064
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorA'yun, Qurrotulqurrotul_ayun@uinsby.ac.id2004108902
Thesis advisorPrianto, Kusnulkusnul_prianto@uinsby.ac.id2002047903
Subjects: Arsitektur
Keywords: Aquarium; Oceanarium; pariwisata; Surabaya; Biomorfik
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: M. Alfani Najihan
Date Deposited: 31 Oct 2022 01:48
Last Modified: 31 Oct 2022 01:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54823

Actions (login required)

View Item View Item