Larangan meminta-minta bagi yang mampu: studi ma’anil hadis dalam kitab mu’jam al-kabir No. 3504

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arfani, Abdullah Aziz Zain (2022) Larangan meminta-minta bagi yang mampu: studi ma’anil hadis dalam kitab mu’jam al-kabir No. 3504. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Abdullah Aziz Zain Arfani_E95215063.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membahas tentang Konsep Hadis Larangan Meminta-Minta Bagi Yang Mampu(Studi Ma’anil Hadis). Materi pembahasan dalam penelitian ini adalah : 1). Bagaimana ma’na hadis larangan meminta-minta kepada orang lain bagi yang mampu dalam kitab Mu’jam al-Kabir no 3504?2). Bagaimanakehujjahan hadis larangan meminta-minta bagi yang mampu dalam kitab Mu’jam al-Kabir no 3504?. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan pendekatan ilmu Takhrij al-hadis. metode yang diambil dalam penelitian ini adalah dengan mengumpulkan hadis-hadis tentang meminta-minta, melakukan ‘itibar al-sanad dengan melihat jalur sanad, nama-nama perawi dan metode periwayatan yang digunakan oleh setiap perawi dalam menerima hadis. kemudian melakukan penelitian dan penilaian pada sanad (perawi), matan (isi) , serta menyimpulkan hasil pemahaman meminta-minta di dalam kitab syarah hadis.Kesimpulan dari penelitian ini, bahwa perilaku meminta-minta dalam hadis adalah upaya meminta harta orang lain, bukan untuk kemaslahatan agama melainkan untuk kepentingan pribadi. Bahkan jika melakukannya dengan cara menipu atau berdusta hukumya haram. Alasannya bukanhanya perbuatan itu dilarang Allah, tetapi juga karena perbuatan tersebut dianggap mencemari perbuatan baik dan merampas hak orang-orang miskin yang memang membutuhkan bantuan. Larangan meminta-minta ini sangat tegas diberikan oleh Rasulullah saw. Disamping dengan menyuruh bekerja lebih dari meminta-minta, beliau juga menjelaskan keburukan meminta minta, dan diberikan sanksi ancaman. Dalam riwayat lain orang-orang yang meminta-minta diberikan ancaman pada hari akhirat nanti ia akan dibangkitkan pada raut wajah yang hitam.Semua itu menujukan bahwa perbuatan meminta-minta itu merupakan suatu pekerjaan yang tidak baik untuk dilakukan oleh setiap muslim.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arfani, Abdullah Aziz Zainazizzain290@gmail.comE95215063
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHasan, Muzaiyyanah Mu'tasim--195812311997032001
Subjects: Hadis
Keywords: Larangan Meminta-MintaBagi Yang Mampu; Studi Ma’anil Hadis; Kitab Mu’jam Al-Kabir No.3504
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Aziz Zain A
Date Deposited: 25 Oct 2022 01:54
Last Modified: 25 Oct 2022 01:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54824

Actions (login required)

View Item View Item