Analisis berpikir aljabar siswa dengan gaya berpikir sekuensial abstrak dalam memecahkan masalah matematika

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mutiara, May Nuril (2022) Analisis berpikir aljabar siswa dengan gaya berpikir sekuensial abstrak dalam memecahkan masalah matematika. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
May Nuril Mutiara_D74215098.pdf

Download (1MB)

Abstract

Berpikir aljabar merupakan aktivitas mental yang melibatkan pengetahuan yang dimiliki seseorang dan informasi-informasi baru yang meliputi aktivitas aljabar generasional, transformasional serta level-meta global. Setiap siswa memiliki gaya berpikir yang berbeda-beda. Siswa dengan gaya berpikir sekuensial abstrak lebih baik dalam mengolah informasi yang diterimanya untuk mencari pemecahan suatu masalah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan berpikir aljabar siswa dengan gaya berpikir sekuensial abstrak dalam memecahkan masalah matematika. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini berawal dari siswa kelas VII-C SMP Unggulan Al-Falah Buduran Sidoarjo yang terdiri dari 22 siswa yang diberikan angket gaya berpikir rancangan John Parks LeTellier untuk kemudian diteliti 3 siswa dengan gaya berpikir sekuensial abstrak. Setelah itu subjek diberikan tes berpikir aljabar dan wawancara. Hasil data tes tertulis dan wawancara tersebut selanjutnya dipaparkan dan dianalisis menggunakan teknik analisis data Miles dan Huberman yang disesuaikan dengan indikator berpikir aljabar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan gaya berpikir sekuensial abstrak dalam memecahkan masalah matematika pada berpikir aljabar aktivitas generasional memenuhi semua indikator dengan kategori mampu. Pada berpikir aljabar aktivitas transformasional kurang memenuhi semua indikator sehingga dikategorikan kurang mampu. Sedangkan pada berpikir aljabar aktivitas level meta-global hanya memenuhi satu indikator yakni menggunakan aljabar untuk menganalisis perubahan, hubungan, dan memprediksi suatu masalah dalam matematika dengan kategori mampu tetapi kurang mampu memenuhi indikator lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mutiara, May Nurilmaynuril9a13@gmail.comD74215098
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYanti, Aning Widaaning.widayanti@uinsby.ac.id0007128007
Thesis advisorYudi, Usmanusmanyudiwildan@gmail.com2024016501
Subjects: Matematika
Keywords: Berpikir Aljabar; Sekuensial Abstrak; Pemecahan Masalah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: May Nuril Mutiara
Date Deposited: 21 Oct 2022 02:36
Last Modified: 21 Oct 2022 02:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/54829

Actions (login required)

View Item View Item